Jumat, 10 Juli 2009

MELATIH KONSENTRASI ANAK DENGAN YOGA

MELATIH KONSENTRASI ANAK DENGAN YOGA

dari berbagai sumber

ANDA NISCAYA BAHAGIA BILA MEMPUNYAI ANAK YANG BISA KONSENTRASI DALAM BELAJAR, MAMPU MENGENDALIKAN EMOSINYA DENGAN BAIK, DAN MEMILIKI KEHIDUPAN SPIRITUAL YANG KUAT, SEKALIGUS SEHAT BUGAR. SEMUA ITU BISA ANDA ASAH DENGAN MENGIKUTKAN ANAK ANDA LATIHAN YOGA.

YOGA BUKAN DOMINASI ORANG DEWASA. SEORANG ANAK, WANITA-PRIA, CACAT-SEHAT PUN DENGAN KESUNGGUHAN HATI DAPAT BERLATIH YOGA. JUGA HARUS DIPAHAMI BAHWA YOGA BUKANLAH SESUATU YANG BERHUBUNGAN DENGAN AGAMA ATAU KEPERCAYAAN TERTENTU. YOGA ADALAH MILIK DUNIA, MILIK SEMUA INSAN YANG INGIN MENJALANI KEHIDUPAN SPIRITUAL. TANPA ADA IKATAN AGAMA MAUPUN TRADISI. SEBAGAIMANA SINAR MATAHARI, SEMUA INSAN BERHAK BERJEMUR DI BAWAHNYA.

HANYA SAJA, LATIHAN YOGA UNTUK ANAK-ANAK JELAS BERBEDA DENGAN YOGA UNTUK ORANG DEWASA.

PERNAPASAN DAN GERAK TUBUH

YOGA, DALAM BAHASA SANSEKERTA, BERARTI PENYATUAN. YOGA MERUPAKAN BENTUK LATIHAN YANG MEMADUKAN GERAK DAN OLAH NAPAS. ITULAH SEBABNYA, LATIHAN YOGA BERMANFAAT BAGI KESEHATAN TUBUH, STABILITAS EMOSI, SERTA JIWA YANG TENANG. JADI, YOGA BISA DIARTIKAN SEBAGAI MENYATUNYA TUBUH, PIKIRAN, DAN JIWA.

GERAKAN YOGA MEMILIKI SEJUMLAH MANFAAT, DI ANTARANYA YOGA DAPAT MEMBUAT TUBUH KUAT SERTA MENGHINDARKAN DIRI DARI GANGGUAN KESEHATAN. GERAKAN YOGA MEMBUAT PEREDARAN DARAH DALAM TUBUH MENJADI LANCAR. KEMUDIAN, OLAH NAPAS YANG MENYERTAI SETIAP GERAKAN YOGA MEMUNGKINKAN PENGHIRUPAN OKSIGEN YANG OPTIMAL DAN MELANCARKAN KERJA PARU-PARU. HAL ITU JELAS SANGAT BAIK BAGI ANAK DALAM MASA PERTUMBUHAN, DENGAN CATATAN PASTIKAN BAHWA ASUPAN GIZINYA TETAP TERCUKUPI. ADA BAIKNYA BILA MEMBERI MEREKA SEGELAS SUSU DANCOW SETIAP HARINYA, MISALNYA, SEBAGAI PELENGKAP GIZI.

GERAKAN YOGA UNTUK ANAK BIASANYA DISESUAIKAN DENGAN ALAM BERMAINNYA, SEPERTI MENIRU POSISI POHON DAN RANTING-RANTINGNYA, MENIRU RODA BERPUTAR. BISA JUGA MENIRU GERAKAN BINATANG, SEPERTI GERAK KUCING MENGGELIAT, KATAK MELOMPAT, ATAU KUPU-KUPU TERBANG.

YOGA BISA MELATIH ANAK MENGENAL DIRI DAN KEBUTUHANNYA, SEKALIGUS MENGENDALIKAN LUAPAN EMOSINYA. DALAM LATIHAN YOGA, SELAIN DILAKUKAN GERAKAN ATAU POSISI TERTENTU, SEORANG ANAK JUGA DILATIH UNTUK SECARA DISIPLIN MENGIKUTI ATURAN, KAPAN IA MENARIK NAPAS, MENAHAN, DAN MENGELUARKAN NAPAS. BERLATIH YOGA MEMERLUKAN DISIPLIN. TIDAK ADA SHORTCUT-NYA!

BILA KITA MENGENAL KARATE ATAU KUNGFU SEBAGAI TEKNIK MEMBELA DIRI, YOGA MERUPAKAN TEKNIK MENGENAL DIRI. ANAK YANG DAPAT MENGENALI DIRI DAN KEBUTUHANNYA SEKALIGUS MENGENDALIKAN PERASAANNYA, AKAN TUMBUH MENJADI ORANG YANG PERCAYA DIRI. CITRA TERSEBUT JELAS MENJADI BEKAL BERHARGA BAGI ANAK DALAM MENGARUNGI KEHIDUPANNYA KELAK.

DAYA KONSENTRASI ANAK JUGA AKAN MENINGKAT. BUKANKAH HAL ITU AKAN BERMANFAAT BAGI ANAK SAAT PELAJARAN DI SEKOLAH?

GURU ADALAH WAJIB

KEBERADAAN GURU/PEMBIMBING DALAM BERLATIH YOGA MERUPAKAN SYARAT MUTLAK. JADI, JANGANLAH ANDA MENJADI GURU YOGA ANAK ANDA JIKA TAK MENGUASAI YOGA. GURU YOGA UNTUK ANAK-ANAK SELAIN MENGERTI DAN MEMAHAMI FALSAFAH YOGA SECARA UTUH, JUGA HARUS MENGUASAI PROSES PERTUMBUHAN FISIK SEKALIGUS PERKEMBANGAN JIWA ANAK. SEBAB, ANAK-ANAK PERLU DILATIH MELAKUKAN GERAKAN YANG BENAR SEHINGGA TIDAK MENYAKITI ATAU MERUGIKAN TUBUHNYA.

LATIHAN YOGA SUDAH BISA DIBERIKAN PADA ANAK USIA 5 TAHUN KE ATAS. HAL ITU DENGAN PERTIMBANGAN ANAK SUDAH MEMAHAMI DAN MENCERNA PERKATAAN DAN PETUNJUK PELATIHNYA. JADI, TAK ADA KATA TERLAMBAT MEMASUKKAN ANAK KE SEKOLAH YOGA. (THS)

SEHATKAH BERAT BADAN ANAK ANDA?

ANAK YANG SEHAT ITU TIDAK KURUS, TIDAK JUGA GEMUK. POLA DAN GAYA MAKAN ZAMAN SEKARANG MENJADIKAN ANAK KELEBIHAN BERAT BADAN. BERAT BADAN BERLEBIH MENYIMPAN SEJUMLAH PENYAKIT KELAK SETELAH ANAK DEWASA. BAGAIMANA MEMBACA BERAT BADAN ANAK?

KEBANYAKAN ANAK SEKARANG BERNASIB KELEBIHAN BERAT BADAN. MITOS BAHWA ANAK MONTOK ITU LUCU DAN SEHAT HARUS HILANG DARI BENAK PARA IBU. IBU TIDAK LAGI BIJAK KALAU MEMBERI ANAKNYA MAKAN LEBIH BANYAK DARI YANG TUBUH ANAK BUTUHKAN.

DAHULU DIANGGAP LAZIM KALAU DI AKHIR RESEP DOKTER HAMPIR SELALU IBU MINTA VITAMIN ATAU OBAT SUPAYA ANAKNYA BERTAMBAH GENDUT. IBU PERLU TAHU KALAU SIKAP DEMIKIAN BAGI ANAK, TIDAKLAH ARIF. KITA TAK BOLEH LUPA KALAU GEMUK ITU PENYAKIT.

LEBIH SEPARUH REMAJA AMERIKA SEKARANG TERCATAT SUDAH BERISIKO KENA PENYAKIT JANTUNG PADA USIA LEBIH MUDA DARI RATA-RATA ORANG DULU, YANG BARU MENYERANG PADA KELOMPOK USIA KAKEKNYA. PENYEBABNYA, LANTARAN SEJAK KECIL ANAK AMERIKA DIBESARKAN DENGAN KELEBIHAN BERAT BADAN.

BILA SEJAK KECIL ANAK SUDAH KELEBIHAN BERAT BADAN, BUKAN SAJA JUMLAH SEL LEMAK YANG TERBENTUK AKAN BERLEBIH, MELAINKAN UKURANNYA PUN LEBIH BESAR DARI SEL LEMAK ANAK YANG TIDAK GEMUK. UKURAN SEL LEMAK YANG TERLANJUR BESAR TAK MUNGKIN DIKEMPISKAN LAGI INILAH YANG MENJADIKAN POLA TUBUH ANAK TERUS SAJA GEMUK SAMPAI DEWASA. PALING KURANG PENYAKIT JANTUNG KORONER, STROKE, KENCING MANIS, PERLEMAKAN HATI, KANKER, AKAN TERUS MENGHANTUI MEREKA YANG BERTUBUH TAMBUN.

ANAK DINILAI KELEBIHAN BERAT BADAN BILA MELEBIHI BERAT BADAN STANDARD (LIHAT TABEL). GROWTH CHART (PETA PERTUMBUHAN), DAN KMS (KARTU MENUJU SEHAT, STANDARD HARVARD) MEMPERLIHATKAN APAKAH SESUAI DENGAN UMURNYA, BERAT BADAN ANAK TERGOLONG IDEAL, KURANG, ATAU MALAH BERLEBIH.

UNTUK MENILAI BERAT BADAN KITA MENGENAL FORMULA 8+2 (UMUR) KG, SELAIN FORMULA BMI (BODY MASS INDEX). KELEMAHAN ESTIMASI BMI TIDAK BISA MEMBEDAKAN APAKAH KELEBIHAN BERAT BADAN ITU DISEBABKAN OLEH TIMBUNAN GAJIH (ADIPOSITAS), BESARNYA OTOT, ATAU PEMBENGKAKAN JARINGAN (OEDEMA). ITU SEBAB BMI LEBIH LAZIM DIGUNAKAN UNTUK POPULASI USIA DEWASA PADA MASA PROSES PERTUMBUHAN SUDAH TERHENTI.

BERAT DAN ANAK MENJADI BERLEBIH, SELAIN SEBAB ASUPAN NUTRISI HARIAN MELEBIHI KEBUTUHAN, JUGA SEBAB KOMPISISI GIZINYA TIDAK SEIMBANG. RATA-RATA ANAK LEBIH BANYAK ASUPAN MENU LEMAK DAN KARBOHIDRAT YANG DIPEROLEHNYA DARI MEMILIH MENU JUNKFOOD YANG BOROS GULA, ROYAL LEMAK, SERTA TINGGI KALORI. KELEBIHAN KALORI HARIAN DENGAN POLA MAKAN SEMACAM ITU YANG BERPOTENSI MELAHIRKAN GENERASI ANAK DENGAN DAGU BERLIPAT, YANG SUDAH TERANTISIPASI TERGOLONG TIDAK SEHAT.

MENU SEHAT AGAR ANAK TIDAK GEMUK BERPRINSIP CUKUP KALORI DAN TINGGI PROTEIN. UNTUK BERTUMBUH DAN PEMBENTUKAN OTAK SELAIN NUTRISI PERLU LENGKAP, ANAK MEMBUTUHKAN LEBIH BANYAK PROTEIN, KALSIUM (CA), DAN ZINC (ZN). BAHKAN SEJAK ANAK MASIH DI RAHIM IBU.

SECARA ALAMI PENGATURAN KECUKUPAN NUTRISI TUBUH DIPANDU OLEH RASA LAPAR DAN RASA KENYANG. ITU SEBAB PERLUNYA MEMBENTUK KEBIASAAN MAKAN ANAK YANG HANYA MAKAN KALAU LAGI MERASA LAPAR (GULA DARAH RENDAH) SAJA, DAN TIDAK MAKAN LAGI KALAU SUDAH KENYANG. WAKTU MAKAN TERTIB DAN TERATUR, JAUHKAN CAMILAN BERLEBIHAN, JUNKFOOD, DAN PILIHAN MENU ALAMI KETIMBANG MENU OLAHAN (REFINED DIET) DI MEJA MAKAN IBU, SEJAK ANAK KECIL MULA.

MASIH MAKAN PADAHAL TIDAK LAPAR YANG ACAP MENAMBAH BERAT BADAN. TERAPI PENURUNAN BERAT BADAN SEKARANG TAK CUKUP HANYA DENGAN PANTANG RENDAH KALORI. TAK JARANG PERLU UPAYA MENGUBAH PERILAKU MAKAN AKIBAT TELANJUR "LAPAR MATA":IKUT MAKAN KALAU MELIHAT ADA ORANG MAKAN, KENDATI TIDAK LAPAR.

NAMUN EFEK TERAPI PENURUNAN BERAT BADAN DENGAN CARA APA PUN NISCAYA GAGAL SEBAB TIDAK MUNGKIN BISA MENGEMPISKAN SEL-SEL LEMAK YANG SUDAH TERBENTUK, KECUALI DENGAN BANTUAN DOKTER AHLI BEDAH, BILA SEJAK KECIL SEL-SEL LEMAK TUBUH ANAK SUDAH TELANJUR TERBENTUK BESAR. MEMANG NASIB ANAK MENJADI SEHAT ATAU TIDAK, DAPAT DITENTUKAN OLEH APA ISI LEMARI MAKAN IBU.

TABLE

BERAT BADAN BAYI BERUMUR 5 BULAN = 2 X BERAT BADAN LAHIR
BERAT BADAN BAYI BERUMUR 1 TAHUN = 3 X BERAT BADAN LAHIR

BODY MASS INDEX = BERAT BADAN (KG) DIBAGI TINGGI BADAN (M) PANGKAT DUA

KRITERIA BMI

<18 = SANGAT KEKURANGAN BERAT BADAN

18-20 = BERAT BADAN KURANG (KURUS)

20-25 = ACCEPTABLE ATAU IDEAL

25-30 = KELEBIHAN BERAT BADAN (GEMUK)

30-40 = PENYAKIT OBESITAS

MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK

PERNAHKAH ANDA MENDENGAR PERTANYAAN-PERTANYAAN DARI ANAK SEPERTI MENGAPA SAYA DILAHIRKAN? ATAU MENGAPA MAMA BILANG SAYA TIDAK BOLEH BOHONG? ATAU SIAPA YANG MENCIPTAKAN BUMI DAN ALAM SEMESTA? PERTANYAAN PERTANYAAN INI MEMILIKI MAKNA YANG DALAM KONTEKSNYA. JANGAN SIA-SIAKAN KESEMPATAN INI UNTUK MENJELASKAN NILAI KETUHANAN DAN MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL (SPIRITUAL QUOTATION/SQ) ANAK.

MANUSIA SUDAH MEMILIKI NALURI KETUHANAN SEJAK LAHIR YAITU NALURI YANG MENGAKUI KEKUASAAN TRANSEDENTAL DI LUAR DIRINYA YANG DIYAKINI BISA MEMBERI KEKUATAN,KETENANGAN, SEMANGAT, BAHKAN REJEKI DAN HUKUMAN. MENANAMKAN KECINTAAN PADA SANG PENCIPTA SEDINI MUNGKIN, MENJADI PENDORONG ANAK UNTUK MAMPU BERSIKAP ARIF, HARMONIS, BERORIENTASI PADA KEBENARAN, DAN BERCITA-CITA POSITIF DALAM MENGHADAPI TANTANGAN DAN SITUASI HIDUP.

SEDINI MUNGKIN ANAK DAPAT BERSIKAP SESUAI NILAI AGAMA GUNA MENGEMBANGKAN SENSE OF MORAL-NYA AGAR ANAK BISA MEMBEDAKAN MANA YANG BAIK DAN BURUK.

MENURUT PSIKOLOG DR RENI AKBAR-HAWADI SUDAH SEHARUSNYA PENGASUHAN ANAK MENGACU PADA PENEKANAN MASALAH BATINIAH YANG DISEBUT JUGA SPIRITUAL PARENTING. TERKADANG ORANGTUA BIASA MELARIKAN JAWABAN SEPERTI PERTANYAAN-PERTANYAAN DI ATAS PADA FENOMENA ALAM, MISAL HUJAN TERJADI KARENA ADA BIDADARI YANG MENANGIS. HAL INI DILAKUKAN UNTUK MEMUDAHKAN ORANGTUA MENJELASKAN KE ANAK KHUSUSNYA PADA ANAK USIA 2 TAHUN KE BAWAH. NAMUN DENGAN MENINGKATNYA KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK (7 TAHUN), MAKA SEBAIKNYA BERI PENGERTIAN BERDASARKAN LOGIKA. “APABILA ORANGTUA TIDAK MEMBERIKAN PEMAHAMAN YANG SEMESTINYA, MAKA AKAN MENYESATKAN KONSEP ANAK MENGENAI AGAMA DAN HANYA MENGENAL TUHAN SESUAI DENGAN IMAJINASINYA,”KATANYA.

TAK HANYA MENYAKSIKAN BENTANGAN ALAM, ANAK JUGA MENGGUNAKAN PENGLIHATANNYA UNTUK MENGAMATI TINGKAH POLAH ORANGTUANYA. ANTARA UMUR TIGA SAMPAI ENAM TAHUN, ANAK AKAN SELALU BERUSAHA MENIRUKAN APA YANG DILAKUKAN ORANGTUANYA. BAGINYA, ORANGTUA MENJADI GURU PERTAMA, SEHINGGA ANAK AKAN BELAJAR DARI PENGALAMAN HIDUP ORANG LAIN, KEJADIAN ATAU FENOMENA SEHARI-HARI YANG DILIHAT DAN DIALAMINYA. MELALUI TINDAKAN NYATA, ANDA DAPAT MENYISIPKAN PESAN DALAM DIRI ANAK. CURAHKAN KASIH SAYANG PADA ANAK DALAM MENGENALKAN KONSEP AGAMA.

SELANJUTNYA RENI MENGATAKAN, ORANGTUA TIDAK BOLEH MENYERAH ATAU BOSAN DALAM MENGISI KEMBALI PENDIDIKAN SQ KARENA DAPAT MENUMBUHKAN SELF-AWARENESS DALAM DIRI ANAK. TERAPKAN SETIAP HARI DENGAN MELAKUKAN REFLEKSI PENGALAMAN, MENGEVALUASI, DAN MENINDAK LANJUTI KEMAUAN ANAK. SEHINGGA AKAN TIMBUL KOMITMEN DALAM DIRINYA. BERIKUT INI BEBERAPA CARA UNTUK MENGEMBANGKAN SQ ANAK :

  1. DIDIK ANAK DENGAN KECENDERUNGAN MEMBUAT PERTANYAAN REFLEKSI "MENGAPA". MISALNYA JIKA ANAK TIDAK MENGHABISKAN MAKANANNYA, ORANGTUA BERKATA,"AYO MAKANNYA DIHABISKAN YA, SUPAYA APA YA?" ATAU "AYO CUCI MUKA, TANGAN, KAKI, DULU SEBELUM TIDUR, SUPAYA APA?".
  2. AJAK ANAK MELIHAT HUBUNGAN-HUBUNGAN ANTARA SESUATU DENGAN LAINNYA. MISALNYA, KARENA RAJIN SIKAT GIGI MAKA GIGINYA HARUS BAGUS DAN PUTIH TAPI TEMAN GIGINYA HITAM-HITAM KARENA TIDAK RAJIN GOSOK GIGI. UNTUK BERIKUTNYA TERAPKAN HAL YANG SAMA UNTUK MENGAJARKAN ANAK SEBAB-AKIBAT TIDAK MELAKUKAN PERINTAH DAN MENGHINDARI LARANGAN AGAMA.
  3. BERIKAN NILAI ATAU MAKNA PADA HAL-HAL YANG ADA DI LINGKUNGAN. MISAL, AJAKLAH BALITA ANDA MENYIRAM TANAMAN, MEMBERI MAKAN BINATANG PELIHARAAN, MENYUMBANGKAN PAKAIAN LAYAK PAKAI KE PANTI ASUHAN DAN SEBAGAINYA.
  4. KEMBANGKAN SIKAP BERTANGGUNG JAWAB PADA ANAK. MISAL, JIKA ANAK MENUMPAHKAN MINUMAN MINUMAN KE LANTAI, MAKA DIA HARUS MEMBERSIHKAN SENDIRI. SEBELUMNYA BERIKAN CONTOH DAN PENJELASAN MENGAPA IA HARUS MELAKUKAN ITU.
  5. AJARKAN SIKAP LEBIH SADAR DIRI PADA ANAK. MISAL, AJAK ANAK MELIHAT WAJAHNYA LEBIH MENYENANGKAN JIKA IA TAK CEMBERUT (MINTA ANAK MELIHAT WAJAHNYA JIKA SEDANG CEMBERUT).
  6. TANAMKAN SIKAP LEBIH JUJUR TERHADAP DIRI SENDIRI DAN LEBIH MENUNJUKKAN KEBERANIAN MISALNYA BERANI MENGAKUI KESALAHAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar