Selasa, 28 Juli 2009

SARASAMUSCAYA "Pelaksana Dharma"

Pelaksana Dharma

41. Maka yang harus anda perhatikan, jia ada hal yang ditimbulkan oleh perbuatan, perkataan dan pikiran, yang tidak menyenangkan dirimu sendiri, malahan menimbulkan duka yang menyebabkan sakit hati; perbuatan itu jangan hendaknya anda lakukan kepada orang lain; jangan tidak mengukur baju di badan sendiri, perilaku anda yang demikian, itulah dharma namanya; penyelewengan ajaran dharma, jangan hendaknya dilakukan.

42. Bahwa segala perilaku orang yang bijaksana, orang yang jujur, orang satya-wacana, pun orang yang dapat mengalahkan hawa nafsunya dan tulus ikhlas lahir batin pasti berlandaskan dharma segala laksana beliau : laksana beliau itulah patut dituruti; jika telah dapat menurutinya, itulah dinamai laksana beliau itulah patut dituruti; jika telah dapat menurutinya, itulah dinamai laksana dharma.

43. Adapun dharma itu, menyelusup dan mengelilingi seluruh yang ada, tidak ada yang mengakui, pun tidak ada yang diakuinya, serta tidak ada yang menegur atau terikat dengan sesuatu apapun; tidak ada yang menegur atau terikat dengan sesuatu apapun; tidak dikenal siapa bapaknya; rupa-rupanya tidak ada yang diakui bapa olehnya; perumpamaan ini diambil, sebab sesungguhnya sangat sukar untuk dapat mengetahui dan melaksanakan dharma itu.

44. Karena itu perhatikanlah segala perbuatan anda, sehingga anda dapat mengetahui hakekat sejatinya yang disebut dharma; setelah anda mengetahui, simpanlah itu baik-baik di dalam hati; sebagaimana telah hamba katakan dulu, segala yang tidak menyenangkan anda, hal itu jangan hendaknya dilakukan pada orang lain.

45. Adapun orang yang sama sekali tidak melakukan laksana dharma, adalah seperti padi yang hampa atau telur busuk, kenyataannya ada, tetapi tiada gunanya.

46. Sebab peri keadaan orang kebanyakan, (orang yang belum mencapai tingkat filsafat) ia tidak mengerti akan hakekat dharma, dan juga tidak tahu bagaimana cara mengendalikan nafsu; yang dapat dicapainya hanyalah untuk mati tujuannya mereka hidup, maksud matinya adalah hanya untuk lahir lagi; orang kebanyakan yang demikian keadaannya itu, bukan mati yang dipikirkannya, cobalah pikirkan, kehidupannya serupa itu tiada bedanya dengan rumput yang mati untuk tumbuh kembali, dan tumbuhnya hanya untuk menunggu matinya.

47. Tambahan pula orang yang ingkar akan perbuatan yang bersandarkan dharma, disebabkan karena angkuhnya, serta tetap ia melakukan perbuatan adharma, juga yang mengikuti tindakannya itu, tak dapat tiada pasti kesedihan yang akan dialaminya.

48. Lagi perbuatan orang yang bodoh, senantiasa tetap berlaku menyalahi dharma; setelah ia lepas dari neraka, menitislah ia menjadi binatang, seperti biri-biri, kerbau dan lain sebagainya; bila kelahirannya kemudian meningkat, ia menitis menjadi orang yang hina, sengsara, diombang-ambingkan kesedihan dan kemurungan hati, dan tidak mengalami kesenangan.

49. Karenanya, inilah yang patut dilakukan; adalah harta kekayaan yang tidak dapat dirampas, tak dapat dicuri, yang mengikuti anda waktu berpulang; harta kekayaan yang demikian keadaannya, itulah yang patut diusahakan memperolehnya.

50. Biarpun orang sangat miskin dan hidup dari hasil meminta-minta, jika tetap yakin dan kuat melakukan dharma, anggaplah diri anda kaya saja, sebab laksana dharma itulah merupakan harga kekayaan orang saleh, itulah patut dicari, itulah yang kukatakan harta kekayaan yang tidak dapat dicuri dirampas dan sebagainya.

51. Dan lagi kataku, orang yang tekun melaksanakan dharma, tak mungkin tidak akan memperoleh penghidupan, mustahillah beliau tidak memperoleh makanan, sayur-sayuran dan air, segala sesuatunya itu mudah diperolehnya, yang seakan-akan menawarkan diri untuk menjadi santapan beliau.

52. Ini hendaknya diingat, banyaklah ada tumbuh-tumbuhan di dalam hutan yang daunnya boleh dimakan; begitupun sungai-sungai yang dalam serta jernih airnya terdapat pula di sana; adapun yang merupakan penerangannya adalah bulan; sehingga sebenarnya tidak ada gunanya mati-matian mengejar kekayaan duniawi, karena mungkin akan terlambat dan membuang waktu saja.

53. Ini hendaknya dilakukan, meskipun sangat sibuk sampai terengah-engah orang dalam pelaksanaan dharma, sambilkanlah berusaha mencari harta dalam sela-sela kesibukan itu, sebagai halnya lembu yang tengah berisi gandar bajak punggungnya, berkeliling menarik (bajak) di sawah, disambilkannya mencabut/menarik rumput yang ada didekatnya, maka karena itu ia (si lembu) menjadi senang.

54. Lagi pula terlampau amat mulia dharma itu, amat rahasia pula, tidak bedanya dengan jejak ikan di dalam air, namun dituntut juga oleh sang pandita dengan ketenangan, kesabaran, keteguhan iman, terus diusahakan.

Tentang caturwarna akan dibicarakan selanjutnya.

SARASAMUSCAYA "Sumber Dharma"

Sumber Dharma

37. Yang perlu dibicarakan sekarang Cruti yaitu Catur Weda dan Smrti yaitu Dharmacastra; Cruti dan Smrti kedua-duanya harus diyakinkan, dituruti ajaran-ajarannya pada setiap usaha; jika telah demikian maka sempurnalah kebaikan tindakan anda dalam bidang dharma.

38. Adapun Weda itu adalah asal caturwarna, dan yang mengatur lahir dan cara hidup masing-masing golongan; demikian pula dunia, caturasrama, empat tingkatan hidup yaitu brahmacari, grhastha, wanaprastha dan bhiksuka; selanjutnya apa yang telah terjadi, apa yang sedang berlangsung, maupun apa yang akan terjadi, semuanya berasal dari Weda.

39. Weda itu hendaklah dipelajari dengan sempurna dengan jalan mempelajari Itihasa dan Purana, sebab Weda itu merasa takut akan orang-orang yang sedikit pengetahuannya, sabdanya "wahai tuan-tuan, janganlah tuan-tuan, janganlah tuan-tuan datang kepadaku", demikian konon sabdanya, karena takut.

40. Maka yang patut diingat adalah, segala apa yang diajarkan oleh Cruti, disebut dharma; semua yang diajarkan Smrti, pun dharma pula namanya itu; demikian pula tingkah laku sang cista, disebut juga dharma; cista artinya orang yang berkata jujur yang setia pada kata-katanya, orang yang dapat dipercaya, orang yang menjadi tempat pensucian diri, orang yang memberanikan ajaran-ajaran atau nasihat-nasihat; singkatnya ketiga-tiganya itu disebut dharma.

Catatan :

1. Dharma ajaran cruti (Weda) biasa disebut "sanatana dharma" dharma yang kekal abadi, menjadi dasar agama bangsa Aria, yang sekarang terkenal dengan nama : Hindu Dharma.

2. Dharma dari Smrti (dharmasastra) yang mengatur kewajiban bangsa Aria, baik dalam bidang nasional, sosial, kekeluargaan, maupun kewajiban ornag seorang. Dharmasastra adalah buata orang, disesuaikan dengan keadaan dari jaman ke jaman : untuk satyayuga dibuat oleh Manu, untuk tritayuga oleh Yajnawalkya, untuk dvapararayuga oleh : Sankha dan Likhita, untuk kaliyuga oleh Parasara

3. Dharma Citacara : kelakuan atau perilaku, praktek (orang) arif, tulus hati dan suci; kesimpulannya : paham dharma, adalah luas.

SARASAMUSCAYA "Keagungan Dharma"

Keagungan Dharma

12. Pada hakekatnya, jika artha dan kama dituntut, maka seharusnya dharma hendaknya dilakukan lebih dulu; tak tersangsikan lagi, pasti akan diperoleh artha dan kama itu nanti; tidak ada artinya, jika artha dan kama itu diperoleh menyimpang dari dharma.

13. Bagi sang pandita (orang arif bijaksana) tak lain hanya orang yang bajik yang melaksanakan dharma, dipuji, dan disanjung olehnya, karena ia telah berhasil mencapai kebahagiaan; beliau tidak menyanjung orang yang kaya, dan orang yang selalu berahi cinta wanita; sebaborang itu tidak sungguh berbahagia, karena adanya pikiran angkara dan masih dapat digoda oleh kekayaan dan hawa nafsu itu.

14. Yang disebut dharma, adalah merupakan jalan untuk pergi ke sorga; sebagai halnya perahu, sesungguhnya adalah merupakan alat bagi orang dagang untuk mengarungi lautan.

15. Usaha tekun pada kerja mencari kama, artha dan moksa, dapat terjadi ada kalanya tidak berhasil; akan tetapi usaha tekun pada pelaksanaan dharma, tak tersangsikan lagi, pasti berhasil sekalipun baru hanya dalam angan-angan saja.

16. Seperti perilaku matahari yang terbit melenyapkan gelapnya dunia, demikianlah orang yang melakukan dharma, adalah memusnahkan segala macam dosa.

17. Segalaorang, baik golongan rendah, menengah atau tinggi, selama kerja baik menjadi kesenangan hatinya, niscaya tercapailah segala yang diusahakan memperolehnya.

18. Dan keutamaan dharma itu sesungguhnya merupakan sumber datangnya kebahagiaan bagi yang melaksanakannya; lagipula dharma itu merupakan perlindungan orang yang berilmu; tegasnya hanya dharma yang dapat melebur dosa triloka atau jagad tiga itu.

19. Adalah orang yang tidak bimbang, bahkan budindya tetap teguh untuk mengikuti jalan pelaksanaan dharma; orang itulah sangat bahagia, kata orang yang berilmu, tidak akan menyebabkan kaum kerabat dan handai taulannya bersedih hati, meski ia sampai berkelana meminta-minta sedekah untuk menyambung hidupnya.

20. Maka pada hakekatnya, seperti air yang menggenangi tebu, bukan hanya tebu itu saja yang mendapat air melainkan turut sampai kepada rumput, tanaman menjalar dan lain-lain sejenisnya, serta segala tanaman-tanaman di dekat tanaman tebu itupun mendapat air pula; demikianlah orang yang melaksanakan dharma; diperolehnya pula serta artha, kama dan yaca (kemegahan).

21. Maka orang yang melakukan pebuatan baik, kelahirannya dari sorga kelak menjadi orang yang rupawan, gunawan, muliawan, hartawan, dan bekekuasaan; buah hasil perbuatan yang baik, didapat olehnya.

22. Lagi pula meski di semak-semak, di hutan, di jurang, di tempat-tempat yang berbahaya, disegala tempat yang dapat menimbulkan kesusahan, baik di dalam peperangan sekalipun tidak akan timbul bahaya manimpa orang yang senantiasa melaksanakan dharma, karena perbuatan baiknya itulah yang melindungi.

23. Dan lagi, striratna yaitu wanita cantik, yang tampan tampaknya mengenakan pakaian yang bagaimanapun, dapat membuat senangnya kaum pria; rumah bagus, terutama rumah besar betingkat yang beratap datar (tempat mencari angin); yang penuh dengan pelbagai kenikmatan; seperti bahan-bahan pakaian, makanan dan sejenisnya, yang tak ternilai harganya; kesemuanya itu dapta dimiliki oleh orang yang berbuat kebajikan.

24. Sebab kekuatan, perbekalan dan pengangkutan, akan mendatangkan dirinta sendiri kepada orang yang berbuat jasa atau kebaktia, sebagai kebiasaan katak yang pergi mendekatkan dirinya kepada sumur, dan sebagai burung yang mendatangkan dirinya sendiri ke telaga.

25. Oleh karena itu caranya orang yang sadar, tenang sebagai tidak akan tertimpa bahaya maut, misalnya pada waktu ia berusaha manuntut ilmu pengetahuan dan mencari harga benda; akan tetapi pada waktu ia mengejar dharma, sebagai tampak seakan-akan maut itu merenggut kepalanya; karenanya, meski dengan terengah-engah dikejarnya saja cita0citanya itu.

26. Jika orang telah mengetahui, bahwa sang maut senantiasa mengintai dan menunggangi kepalanya, tentunya orang tidak akan rakus pada makanan, apalagi untuk melakukan perbuatan yang menyalahi dharma.

27. Karenanya perilaku seseornag; hendaklah digunakan sebaik-baiknya masa muda, selagi badan sedang kuatnya, hendaklah dipergunakan untuk usaha menuntut dharma, artha dan ilmu pengetahuan, sebab tidak sama kekuatan orang tua dengan kekuatan anak muda; contohnya ialah seperti ilalang yang telah tua itu menjadi rebah, dan ujungnya itu tidak tajam lagi.

28. Dan lagi, akan upacama itu, maka masa muda sesungguhnya disebut upacama, karena menurut kodratnya, jika upacama (masa remaja) itu kedatangan masa tua, ditandai dengan berkurangnya zat-zat di dalam tubuh, yaitu mengendornya urat-urat pernapasan (hawa atau angin), empedu dan lendir. Catatan : Di dalam tubuh manusia ada tiga zat cair, yaitu wata (hawa/angin), pitta (empedu) dan clesma atau kepha (lendir), yang melahirkan peri keadaan manusia, misalnya :sesak napas, marah-marah atau mual, tenang.

29. Begini peri keadaan manusia/makhluk hidup, yaitu masa muda, tetap dinantikan oleh masa kanak-kanak; masa muda masa tualah yang dinantikan olehnya; jika masa tua telah tercapai, itu berarti telah berada di pangkuan maut; apakah yang masih dinantikannya; hanya kematian saja; oleh karenanya, hendaklah dipercepat mengusahakan perbuatan yang berdasarkan dharma.

30. Sebab segala macampenyakit itu adalah merupakan pengemudi dari maut (kematian), yang menyebabkan hidup itu menjadi kurang; jika telah berkurang usia hidup, datanglah maut, karena itu jangan alpa; hendaknyalah dipercepat saja berbuat baik, yang akan mengantarkan anda ke alam baka.

31. Karena itu, pergunakanlah sebaik-baiknya kemampuan yang ada sekarang selalu anda masih muda; hendaklah anda lekas-lekas melakukan pekerjaan yang bersandarkan dharma, sebab hidup ini tidak tetap, siapa gerangan akan tahu tentang datangnya maut; siapa gerangan akan tahu tentang datangnya maut; siapa pula akan memberitahukan akan datangnya maut itu.

32. Karena kaum kerabat itu, hanya sampai di tempat pembakaran (kuburan) batasnya mereka itu mengantarkan; adapun yang turut ikut menemani roh di akherat, adalah perbuatannya yang baik, ataupun yang buruk saja; oleh karena itu hendaklah diusahakan berbuat baik, yaitu teman anda yang menjadi pengantar ke akherat kelak.

33. Telah menjadi hukum keluarga : pada waktu anda berpulang, tinggallah badan kasar anda yang tidak berguna, yang akhirnya pasti akan dibuang karena tidak ada bedanya dengan pecahan piring mangkok; itulah yang dihormati oleh kaum kerabat anda sejenak; pada akhirnya pergilah mereka membelakangi (meninggalkannya) karenanya usahakanlah untuk mencapai kebahagiaan dan kebebasan abadi.

34. Hanya dharma dikatakan merupakan kebenaran dan kewibawaan; hanya ketenteraman perasaan hati merupakan ketahanan terhadap panas dan dingin, yang dapat dijadikan obat pelebur dosa dan pemusnahan kadukaan hati; sesungguhnya samyagjana (kebenaran-kesadaran) patut dicamkan, ilmu pengetahuan dan keyakinan anda akan keadaan yang hakiki itu merupakan tujuan utama yang membahagiakan, sedangkan ahimsa : tidak membunuh-bunuh dan tidak kerasukan marah, itu;ah kebahagiaan yang nyata namanya.

35. Sesungguhnya hanya satu saja tujuan agama, mestinya tidak sangsi lagi orang tentang yang disebut kebenaran, yang dapat membawa ke sorga atau moksa, semua menuju kepadanya, akan tetapi masing-masing berbeda-beda caranya, disebabkan oleh kebingungan, sehingga yang tidak benardibenarkan; ada yang menyangka, bahwa di dalam gua yang besarlah tempatnya kebenaran itu.

36. Karenanya, anakda janganlah angkuh terhadap orang tua, melainkan hendaklah selalu bertanya dan meminta diberi ajaran oleh beliau, demikian hendaknya anaknda; sebab yang disebut dharma sama halnya dengan ular yang tidak dapat diketahui dengan pasti jalannya; dapat terjadi dari utara, dapat terjadi dari selatan datang ular itu.

SARASAMUSCAYA "Panitisan dan Tujuan Hidup"

Panitisan dan Tujuan Hidup

1. Anakukamung Janamejaya, salwirning warawah, yawat makapadarthang caturwarga, sawataranya, sakopanyasanya, hana juga ya ngke, sangksepanya, ikang hana ngke, ya ika hana ing len sangkeriki, ikang tan hana ngke, tan hana ika ring len sang keriki.

2. Ri sakwehning sarwa bhuta, iking janma wwang juga wenang gumawayaken ikang subhasubhakarma, kuneng panentasakena ring subhakarma juga ikangasubhakarma phalaning dadi wwang.

3. Matangnyan haywa juga wwang manastapa, an tan paribhawa, si dadi wwang ta pwa kagongakena ri ambek apayapan paramadurlabha iking si janmamanusa ngaranya, yadyapi candalayoni tuwi.

4. Apan iking dadi wwang, uttama juga ya, nimittaning mangkana, wenang ya tumulung awaknya sangkeng sangsara, makasadhanang subhakarma, hinganing kottamaning dadi wwang ika.

5. Hana pwa wwang tan gawayaken ikang subhakarma, tambaning narakaloka kangken lara, pejah pwa ya, wong alara mararing desa katunan tamba ta ngaranika, rupa ning tan katemu ikang enak kolahalanya.

6. Paramarthanya, pengpengen ta pwa katemwaniking si dadi wwang, durlabha wi ya ta, saksat handaning mara ring swarga ika, sanimittaning tan tiba muwah ta pwa damelakena.

7. Apan iking janma mangke, pagawayang subhasubhakarma juga ya, ikang ri pena pabhuktyan karmaphala ika, kalinganya, ikang subhasubhakarma mangke ri pena ika an kabukti phalanya, ri pegatni kabhuktyanya, mangjanma ta ya muwah, tumuta wasananing karmaphala, wasana ngaraning sangakara, turahning ambematra, ya tinutning paribhasa, swargacyuta, narakasyuta, kunang ikang subhasubhakarma ri pena, tan paphala ika, matangnyan mangke juga pengponga subha asubhakarma.

8. Iking tang janma wwang, ksanikaswabhawa ta ya, tan pahi lawan kedapning kilat, durlabha towi, matangnyan pongakena ya ri kagawayanning dharmasadhana, sakananging manasanang sangsara, swargaphala kunang.

9. Hana pwa tumenung dadi wwang, wimukha ring dharmasadhana, jenek ring arthakama arah, lobhambeknya, ya ika kabancana ngaranya.

10. Ikang manggih si dadi wwang, prasiddha wenang ring dharmasadhana, tatan entas sangke sangsara, kabancana ta ngaranika.

11. Nihan mata kami mangke, menawai, manguwuh, mapitutur, ling mami, ikang artha, kama, malamaken dharma juga ngulaha, haywa palangpang lawan dharma mangkana ling mami, ndatan juga angrengo ri haturnyan eweh sang makolah dharmasadhana, apa kunang hetunya.

Aturan Upawasa dalam Hindu

Aturan Upawasa dalam Hindu

Upawasa merupakan bagian brata, dan brata bagian dari brata-yoga-tapa-samadi, yang menjadi satu kesatuan dalam konsep Nyama Brata. Kewajiban warga Hindu menggelar brata-yoga-tapa-samadi diisyaratkan dalam kakawin Arjuna Wiwaha sebagai berikut. "Hana mara janma tan papihutang brata-yoga-tapa-samadi angetul aminta wiryya suka ning Widhi sahasaika, binalikaken purih nika lewih tinemuiya lara, sinakitaning rajah tamah inandehaning prihati."

Artinya:

Ada orang yang tidak pernah melaksanakan brata-yoga-tapa-samadi, dengan lancang ia memohon kesenangan kepada Widhi (dengan memaksa) maka ditolaklah harapannya itu sehingga akhirnya ia menemui penderitaan dan kesedihan, disakiti oleh sifat-sifat rajah (angkara murka/ambisius) dan tamah (malas dan loba), ditindih oleh rasa sakit hati. Tegasnya, bila ada orang yang tidak pernah menggelar brata-yoga-tapa-samadi lalu memohon sesuatu kepada Hyang Widhi maka permohonannya itu akan ditolak bahkan akan mendatangkan penderitaan baginya. Yang dimaksud dengan brata adalah mengekang hawa nafsu pancaindra, yoga adalah tepekur merenungi kebesaran Hyang Widhi; tapa adalah pengendalian diri; samadi adalah mengosongkan pikiran dan penyerahan diri total sepenuhnya pada kehendak Hyang Widhi.

Jadi berpuasa yang baik senantiasa disertai dengan kegiatan lainnya seperti di atas, tidak dapat berdiri sendiri. Upawasa batal jika melanggar/tidak melaksanakan brata-yoga-tapa-samadi. Untuk kesempurnaan berpuasa, disertai juga dengan ber-dana punia, yaitu memberikan bantuan materi kepada kaum miskin.

Aturan-aturan berpuasa bermacam-macam, antara lain:

  1. Upawasa yang dilaksanakan dalam jangka panjang lebih dari sehari, di mana pada waktu siang tidak makan/minum apa pun. Yang dinamakan siang adalah sejak hilangnya bintang timur daerah timur sampai timbulnya bintang-bintang di sore hari;
  2. Upawasa jangka panjang antara 3-7 hari dengan hanya memakan nasi putih tiga kepel setiap enam jam dan air klungah nyuh gading;
  3. Upawasa jangka pendek selama 24 jam tidak makan/minum apa pun disertai dengan mona (tidak berbicara), dilaksanakan ketika Siwaratri dan sipeng (Nyepi);
  4. Upawasa total jangka pendek selama 24 jam dilaksanakan oleh para wiku setahun sekali untuk menebus dosa-dosa karena memakan sesuatu yang dilarang tanpa sengaja; puasa itu dinamakan santapana atau kricchara;

Ketika akan mulai berpuasa sucikan dahulu badan dan rohani dengan upacara majaya-jaya (jika dipimpin pandita) atau maprayascita jika dilakukan sendiri. Setelah itu haturkan banten tegteg daksina peras ajuman untuk menstanakan Hyang Widhi yang dimohon menyaksikan puasa kita.

Ucapkan mantram:

Om Trayambakan ya jamahe sugandim pushti wardanam,

urwaru kam jwa bandanat,

mrityor muksya mamritat,

Om ayu werdi yasa werdi,

werdi pradnyan suka sriam,

dharma santana werdisyat santute sapta werdayah,

Om yawan meraustitho dewam yawad gangga mahitale candrarko gagane yawat, tawad wa wiyayi bhawet.

Om dirgayuastu tatastu astu,

Om awignamastu tatastu astu,

Om subhamastu tatastu astu,

Om sukham bawantu,

Om sriam bawantu,

Om purnam bawantu,

Om ksama sampurna ya namah,

Om hrang hring sah parama siwa aditya ya namah swaha.

Artinya,

"Ya, Hyang Widhi, hamba memuja-Mu,

hindarkanlah hamba dari perbuatan dosa,

dan bebaskanlah hamba dari marabahaya dan maut,

karena hanya kepada-Mu-lah hamba pasrahkan kehidupan ini,

tiada yang lain.

Semoga Hyang Widhi melimpahkan kebaikan,

umur panjang,

kepandaian,

kesenangan,

kebahagiaan,

jalan menuju dharma dan perolehan keturunan,

semuanya adalah tujuh pertambahan.

Selama Iswara bersemayam di puncak Mahameru

(selama Gunung Himalaya tegak berdiri),

selama Sungai Gangga mengalir di dunia ini,

selama matahari dan bulan berada di angkasa,

semoga selama itu hamba sujud kepada-Mu,

Ya Hyang Widhi."

HILANGKAN STRES DENGAN TERAPI GELOMBANG OTAK

STRES YANG TIDAK TERKENDALI?

HILANGKAN DENGAN TERAPI GELOMBANG OTAK!

PENGOBATAN ALTERNATIF

TERAPI GELOMBANG OTAK

CINDY LESTARISAT, 2007-12-01 08:18

DI SAAT MUNCUL BANYAK MASALAH, BAIK DI KAMPUS, DI RUMAH, ATAUPUN DI MANA SAJA, KECENDERUNGAN KITA ADALAH BEREAKSI DENGAN PANIK DAN MEMUNCULKAN EMOSI NEGATIF. PADAHAL, JUSTRU KEPANIKANLAH YANG MEMBUAT KITA SEMAKIN SULIT BERKONSENTRASI. JIKA KONSENTRASI BUYAR, KITA MENJADI SEMAKIN CEMAS. APA YANG BISA DILAKUKAN DALAM KONDISI DEMIKIAN?

SEBENARNYA HAL-HAL SEMACAM ITU AKAN LEBIH MUDAH DIATASI KALAU KITA MEMAHAMI CARA KERJA OTAK. KITA PERLU MEMILIKI KETRAMPILAN MENGENDALIKAN GELOMBANG OTAK YANG BISA MEMUDAHKAN KITA MENENANGKAN DIRI DI SAAT PANIK. DENGAN MEMAHAMI POSISI GELOMBANG OTAK, KITA BISA MENGATUR MOOD SEHINGGA SELALU MERASA BAHAGIA DAN SUKSES DENGAN SETIAP HAL YANG KITA LAKUKAN.

UNTUK MENCAPAI KEBAHAGIAAN LEWAT KENDALI GELOMBANG OTAK, KITA BISA BELAJAR DARI ANAK-ANAK. PERNAHKAH ANDA MEMPERHATIKAN ANAK-ANAK KETIKA SEDANG BERMAIN DENGAN TEMAN-TEMANNYA? LIHATLAH BETAPA MUDAHNYA MEREKA TERTAWA BAHAGIA. MESKIPUN MUNGKIN BARU SAJA SALING MENCAKAR DAN SAMA-SAMA MENANGIS, TAPI BEBERAPA MENIT KEMUDIAN MEREKA SEOLAH SUDAH MELUPAKAN TANGISAN DAN SUDAH KEMBALI BERMAIN BERSAMA DENGAN KOMPAKNYA.

MENURUT ERBE SENTANU DARI KATAHANI INSTITUTE, HAL ITU KARENA ANAK-ANAK MASIH MUDAH MENYETEL GELOMBANG OTAKNYA MEMASUKI FREKUENSI ALPHA-THETA. FREKUENSI ALPHA-THETA INI NORMALNYA KITA ALAMI KETIKA SEDANG RILEKS, MELAMUN DAN BERIMAJINASI. BERBEDA DENGAN KONDISI BETA YANG DOMINAN KETIKA KITA DALAM KONDISI SADAR SEPENUHNYA DAN LEBIH BANYAK MENGGUNAKAN AKAL PIKIRAN.

SEBELUM MASUK LEBIH JAUH, ADA BAIKNYA KITA MENGETAHUI TENTANG MACAM-MACAM GELOMBANG DALAM OTAK KITA.

BRAIN WAVES???

ADA EMPAT GELOMBANG DALAM OTAK MANUSIA, YAKNI : DELTA, GAMMA, BETA, ALPHA, DAN THETA.

DELTA WAVE ( 0.5 HZ ~ 4 HZ ).

ADALAH GETARAN PUSAT SYARAF (OTAK) YANG MEMILIKI AMPLITUDO YANG BESAR DAN FREKWENSI YANG RENDAH, BIASANYA <>

BERDASARKAN PENYELIDIKAN PARA AHLI, PADA SESEORANG YANG MENDERITA GANGGUAN OTAK (FISIK, BENTURAN OTAK, PENDARAHAN OTAK DAN KOMA), FASE GETARAN YANG TERJADI DIDOMINASI OLEH GELOMBANG DELTA. DI SISI LAIN, GETARAN GELOMBANG DELTA INI JUGA MENSTIMULASI PROSES PENGGANTIAN SEL-SEL TUBUH YANG RUSAK (RECOVERY PROCESSING). DENGAN PERKATAAN LAIN, TERJADINYA PROSES PENYEMBUHAN ALAMI DIDORONG OLEH GETARAN GELOMBANG DELTA.

GAMMA WAVE ( 16 HZ ~ 100 HZ )

ADALAH GETARAN PUSAT SYARAF (OTAK) YANG TERJADI PADA SAAT SESEORANG MENGALAMI “AKTIFITAS MENTAL YANG SANGAT TINGGI”, MISALNYA SEDANG BERADA DI ARENA PERTANDINGAN, PEREBUTAN KEJUARAAN, TAMPIL DIMUKA UMUM, SANGAT PANIK, KETAKUTAN, “NERVOUS”. GELOMBANG INI TERJADI KETIKA KITA DALAM KONDISI KESADARAN PENUH.

BETA WAVE ( DIATAS 12 HZ ATAU DARI 12 HZ S/D 19 HZ )

ADALAH GETARAN PUSAT SYARAF (OTAK) YANG TERJADI PADA SAAT SESEORANG MENGALAMI “AKTIFITAS MENTAL YANG SADAR PENUH DAN NORMAL, AKTIF, DENGAN KONSENTRASI PENUH" DAN DAPAT DIBAGI PULA MENJADI 3 KELOMPOK, YAITU

A) HIGHBETA ( 19 HZ + ) YANG OVERLAP/TRANSISI DENGAN GETARAN GAMMA

B) BETA ( 15 HZ ~ 18 HZ ), JUGA OVERLAP/TRANSISI DENGAN GETARAN GAMMA

C) LOWBETA (12 HZ ~ 15 HZ).

ALPHA WAVE ( 8 HZ ~ 12 HZ )

ADALAH GELOMBANG PUSAT SYARAF (OTAK) YANG TERJADI PADA SAAT SESEORANG YANG MENGALAMI “RELEKSASI” ATAU MULAI ISTIRAHAT DENGAN TANDA2 MATA MULAI MENUTUP ATAU MULAI MENGANTUK.

ALPHA WAVE MERUPAKAN SUATU FASE DARI KEADAAN SADAR MENJADI TAK SADAR (ATAU BAWAH SADAR), NAMUN TETAP SADAR (WALAUPUN KELOPAK MATA TERTUTUP). DISINILAH SAAT-SAAT PENTING DIMANA SEORANG AHLI HIPNOTIS MULAI MELAKUKAN AKTIFITAS HIPNOTISNYA UNTUK MEMBERIKAN SUGESTI KEPADA PASIENNYA SESUAI PERINTAH YANG DIRENCANAKAN KEPADA YANG DIHIPNOTIS (OBJEK). SELAIN PADA ORANG YANG DIHIPNOTIS, FASE GELOMBANG ALPHA JUGA TERJADI PADA TAHAP PERMULAAN MEDITASI (MEDITASI RINGAN).

FREKUENSI ALPHA 8 ~ 12 HZ , MERUPAKAN FREKUENSI PENGENDALI, PENGHUBUNG DAN MELAKUKAN AKTIFITAS YANG BERPUSAT DI-SEL2 THALAMIC ( ELECTRICAL ACTIVITY OF THALAMIC PACEMAKER CELLS ). SELAIN ITU, FREKUENSI ALPHA JUGA MERUPAKAN FASE DAN PINTU MASUK (GATE-AWAY) DARI KEADAAN SADAR MENJADI TAK SADAR (BAWAH SADAR) DAN PINTU MASUK KE FASE GELOMBANG THETA ( 4 HZ ~ 8 HZ).

BIASANYA KONDISI DI TINGKATAN INI TIDAK BERLANGSUNG LAMA DIBANDING DENGAN TINGKATAN LAINNYA (GAMMA, BETA, THETA DAN DELTA WAVE), NAMUN MERUPAKAN BAGIAN PENTING TERUTAMA BAGI PENDERITA ADHD , PADA SAAT MELAKUKAN LATIHAN-LATIHAN DAN PENGOBATAN NEUROTHERAPY ATAU NEUROFEEDBACK .

THETA WAVE ( 4 HZ ~ 8 HZ )

ADALAH GETARAN PUSAT SYARAF (OTAK) YANG TERJADI PADA SAAT SESEORANG YANG MENGALAMI “KEADAAN TIDAK SADAR ATAU TIDUR RINGAN ” ATAU SANGAT MENGANTUK. TANDA-TANDA KEADAAN INI ADALAH NAPAS YANG MULAI MELAMBAT, LEBIH DALAM DAN PANJANG DIBANDINGKAN BIASANYA.

JIKA DALAM KEADAAN SADAR (TIDAK TIDUR), KONDISI INI MASUK KEFASE ATAU DIBAWAH PENGARUH “TRANCE”, KESURUPAN, HIPNOSIS, MEDITASI DALAM, SEDANG MENJALANI RITUAL2 AGAMA, ATAU MENGALIRNYA TENAGA PSIKOLOGI (PRANA/YOGA, REIKI, CHI, CHI KUNG).

DALAM KONDISI YANG SADAR (TIDAK TIDUR DAN TIDAK DIBAWAH PENGARUH HIPNOTIS, KESURUPAN ATAU EPILEPSI), SEORANG ANAK YANG NORMAL ( <>

SEORANG ANAK (TERUTAMA BAYI DAN BALITA), RATA-RATA TIDUR LEBIH DARI 12 JAM SETIAP HARINYA, SEHINGGA MEREKA LEBIH BANYAK MASUK DALAM FASE GELOMBANG THETA DAN GELOMBANG DELTA KETIMBANG GELOMBANG BETA DAN ALPHA. AKIBATNYA, ANAK KECIL TERSEBUT MEMPUNYAI CARA BERPIKIR YANG TIDAK MASUK AKAL (BERANGAN-ANGAN ATAU SEPERTI BERMIMPI WALAUPUN DALAM KONDISI SADAR) DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DAN SEDIKIT DEMI SEDIKIT AKAN BERUBAH MENJELANG REMAJA/DEWASA.

SEMENTARA ORANG DEWASA HANYA MENGALAMI GELOMBANG INI DALAM KONDISI TIDUR NORMAL (7-8 JAM PERHARI), DAN HANYA SEBENTAR. FASE GELOMBANG INI TERJADI SECARA PERIODIC, AKAN BERPINDAH/BERGESER KE-GELOMBANG DELTA DAN KEMBALI LAGI KE THETA BERKALI-KALI, DIIKUTI GETARAN PELOPAK MATA YANG DIKENAL DENGAN REM (RAPID EYES MOVEMENT ) DAN NON REM ATAU NREM ( NON RAPID EYES MOVEMENT ).

THE FACT 'BOUT THETA WAVE

- KEJADIAN DIMANA BIASANYA ANAK BALITA SELAMAT (WALAUPUN TIDAK SELALU TERJADI) PADA KECELAKAAN PESAWAT UDARA, TABRAKAN, KEBAKARAN, KECELAKAAN KAPAL LAUT. ORANG AWAM MENGANGGAPNYA SEBAGAI ADANYA TANGAN-TANGAN AJAIB TAK TERLIHAT YANG MENOLONG ANAK-ANAK INI DARI KECELAKAAN, NAMUN BERDASARKAN PENYELIDIKAN PARA AHLI, TELAH TERBUKTI HAL INI DISEBABKAN GETARAN GELOMBANG THETA. ANAK-ANAK LEBIH MAMPU UNTUK MEMASUKI FASE-FASE GELOMBANG THETA YANG LAMA DAN PERMANEN, BAIK DALAM KEADAAN TIDUR MAUPUN SADAR, SEHINGGA PADA GELOMBANG-GELOMBANG THETA INILAH TERJADI MUKJIJAT ATAU KEAJAIBAN.

- ANAK INDIGO (ANAK SUPER CERDAS DAN MEMILIKI INDRA KE-ENAM/ ESP/EXTRA SENSORY PERCEPTION), JUGA TERMASUK YANG MUDAH MEMASUKI FASE GELOMBANG THETA YANG CUKUP LAMA DAN DAPAT PERMANEN.

- KOMUNIKASI DENGAN TUHAN JUGA AKAN TERJADI APABILA MANUSIA BIASA DAPAT MEMASUKI FASE GELOMBANG THETA (BATAS ALPHA - THETA), MISALNYA PADA SAAT KITA BERDOA, MEDITASI, MELAKUKAN RITUAL2 AGAMA (APAPUN AGAMANYA), SEHINGGA PARA AHLI BERPENDAPAT BAHWA DISETIAP OTAK MANUSIA ADA BAGIAN YANG DISEBUT "GOD SPOT"

- BRAIN RESPIRATION - PERNAPASAN OTAK (PUSAT SYARAF). HAMPIR SEMUA LATIHAN PERNAPASAN ( PRANA YOGA, ASANAS YOGA, CHIKUNG, TAICHI DSB ), MASUK KELOMPOK PERNAPASAN INI, KARENA DENGAN LATIHAN NAPAS YANG TERATUR DAN SEIRAMA (TARIK, TAHAN, BUANG DAN TAHAN NAPAS SESUAI KETUKAN/DENYUTAN), AKAN MEMBUAT OTAK (PUSAT SARAF) MENJADI RILEKS, SEHINGGA GETARAN OTAK AKAN MASUK KE FASE GELOMBANG ALPHA-THETA (7.83 HZ ~ 8 HZ).

- PENDULUM (BANDUL BERAYUN) DAN BOLA KRISTAL, YANG BIASA DIGUNAKN PARANORMAL JUGA MERUPAKAN ALAT YANG MAMPU MERESPON PUSAT SARAF PARA PELAKUNYA UNTUK MASUK KE FASE GELOMBANG THETA, SEHINGGA MAMPU UNTUK MEMBANGKINKAN KONDISI YANG SUPRANATURAL.

- PERLU DIKETAHUI, BELAHAN OTAK KIRI (LOGIKA) LEBIH BANYAK MERESPON GELOMBANG GAMMA DAN BETA, SEMENTARA BELAHAN OTAK KANAN (INTUISI) LEBIH BANYAK MERESPON GELOMBANG.

IT'S GONE !!!

MEMASUKI FREKUENSI ALPHA-THETA ITU SEBENARNYA MERUPAKAN KETRAMPILAN MANUSIA YANG ALAMI. NAMUN, KETIKA MULAI SEKOLAH, KITA DIKONDISIKAN MENYETEL GELOMBANG OTAK YANG DOMINAN BETA. JADI, BEGITU MENJADI ORANG DEWASA, KETERAMPILAN MEMASUKI KONDISI ALPHA-THETA ITU HILANG.

SELAIN ITU, TUNTUTAN KEHIDUPAN MODERN MEMBUAT PIKIRAN ORANG TERFOKUS UNTUK BEKERJA KERAS DEMI TUNTUTAN MATERI DAN KEHIDUPAN YANG KONSUMTIF. AKIBAT DARI KEHIDUPAN SEMACAM INI ADALAH KURANGNYA WAKTU TIDUR DAN ISTIRAHAT. PADAHAL SAAT TIDUR MANUSIA SEHARUSNYA MERASAKAN KEEMPAT FREKUENSI. DARI FREKUENSI BETA DI MANA KITA DALAM KESADARAN PENUH, GELOMBANG OTAK TURUN KE ALPHA KETIKA KEDUA MATA TERTUTUP, LALU MASUK KE THETA, DAN AKHIRNYA KE DELTA SAAT KITA TERTIDUR PULAS TANPA MIMPI. KARENA WAKTU TIDUR KURANG, MAKA KITA CENDERUNG KURANG MENGALAMI KONDISI ALPHA-THETA, SEHINGGA KITA MAKIN MUDAH STRES.

LEBIH DALAM UNTUK ALFA-THETA

ALFA-THETA, MEMBUAT TENANG, BAHAGIA DAN KREATIF. KEMAMPUAN UNTUK SECARA TEMPORER MENGUBAH KESADARAN DIRI SATU FREKUENSI KE FREKUENSI YANG LAIN ADALAH KETERAMPILAN YANG SANGAT PENTING, KARENA EFEKNYA AKAN MEMBANTU MENYEIMBANGKAN OTAK, HATI, DAN JIWA. KETERAMPILAN ITU MEMBUAT SESEORANG MENJADI PANDAI MEMBACA SITUASI DAN PANDAI MENEMPATKAN DIRI DALAM SUASANA APAPUN SEHINGGA SEOLAH-OLAH SELALU BERADA DI TEMPAT YANG TEPAT PADA WAKTU YANG TEPAT. TENTUNYA HAL ITU SANGAT PENTING UNTUK MENDAKI TANGGA KESUKSESAN DAN MENCAPAI KEBAHAGIAAN.

KETIKA MASALAH BERDATANGAN DAN MULAI MERASA STRES, ITULAH SAAT YANG TEPAT UNTUK MULAI RILEKS, MENURUNKAN VIBRASI OTAK DAN MEMASUKI FREKUENSI ALPHA-THETA. BEGITU JUGA KETIKA PEKERJAAN KITA MEMBUTUHKAN PIKIRAN-PIKIRAN KREATIF. MEMASUKI KEDUA FREKUENSI ITU AKAN MEMBANTU MEMUNCULKAN INSPIRASI YANG KITA BUTUHKAN.

MENARIK LAGI, KEDUA FREKUENSI TERSEBUT JUGA MERUPAKAN PINTU GERBANG MENUJU PIKIRAN BAWAH SADAR YANG DIBUTUHKAN UNTUK MELAKUKAN SELF HYPNOSIS, MENDAPATKAN INTUISI DAN MELAKUKAN PENYEMBUHAN. MASALAHNYA BAGAIMANA CARANYA MEMASUKI FREKUENSI ALPHA-THETA DENGAN CEPAT?

CARA MENYETEL GELOMBANG ALFA-THETA

1. KEBIASAAN BERDZIKIR YANG MEMBUAT DOA MAKIN KHUSYUK, LATIHAN-LATIHAN MEDITASI, YOGA, ATAU TAICHI. TEKNOLOGI AUDIO YANG DISEBUTNYA DIGITAL PRAYER.

2. MENDENGAR BUNYI-BUNYIAN YANG MENIMBULKAN GELOMBANG TERTENTU YANG DENGAN MUDAH AKAN DITERIMA OTAK. BIASANYA BERUPA LAGU-LAGU YANG MENENANGKAN, DIKEMAS DALAM CD BERTEMA RELAXATION THERAPY DSB.

3. MELATIH BELAHAN OTAK KIRI DAN OTAK KANAN AGAR MAU BEKERJA SAMA DENGAN BAIK. OTAK DENGAN TINGKAT KERJASAMA YANG TINGGI, UMUMNYA AKAN MEMBUAT ORANG MELIHAT KEHIDUPAN DENGAN LEBIH OBJEKTIF, TANPA KETAKITAN DAN KECEMASAN. SELAIN LEBIH MUDAH MEMASUKI KONDISI KHUSUK ATAU RILEKS YANG DALAM, JUGA MEMILIKI KEMAMPUAN MEMFOKUSKAN KONSENTRASI YANG LEBIH BAIK. SELAIN ITU KARENA KONDISINYA LEBIH SINKRON DAN SEIRAMA, OTAK AKAN MENGELUARKAN SENYAWA KIMIA PENYEBAB RASA NYAMAN DAN NIKMAT DALAM JUMLAH BESAR SEHINGGA TERJADI RELAKSASI SECARA ALAMI. NAMPAKNYA CARA INI BISA MEMBANTU MEREKA YANG TIDAK TERBIASA DENGAN LATIHAN-LATIHAN MEDITASI, YOGA, TAI CHI, DAN LAINNYA.

4. STIMULASI CAHAYA MELALUI MATA STIMULASI GELOMBANG OTAK, DAPAT JUGA MELALUI CAHAYA ATAU MELALUI MATA DENGAN GAMBAR BERGERAK ATAU BERANIMASI (KELOPAK MATA TERBUKA) ATAU MATA TERTUTUP DENGAN MENYALAKAN DAN MEMATIKAN CAHAYA HITAM/PUTIH ATAU BERWARNA (CAHAYA MENEMBUS KELOPAK MATA MEMAKAI ALAT AUDIO STROBE LED GLASSES), YANG DISESUAIKAN DENGAN IRAMA GELOMBANG OTAK (BETA, ALPHA, THETA, DELTA ), DENGAN PERKATAAN LAIN BER-KELAP - KELIP ATAU FLIKER.

DON'T DO IT!!!

ADA LARANGAN UNTUK TIDAK MELAKUKAN TERAPI GELOMBANG OTAK PADA :

- WANITA HAMIL DAN MENYUSUI

- PENDERITA EPILEPSI (TANPA PENGAWASAN DOKTER/AHLI)

- PEMAKAI ALAT PACU JANTUNG ( PACE MAKER )

- MEREKA YANG DIBAWAH PENGARUH ALKOHOL ATAU OBAT-OBATAN ADITIF LAINNYA.

- MEREKA YANG KETERGANTUNGAN OBAT-OBATAN NARKOTIKA (TANPA PENGAWASAN DOKTER/AHLI)

- PENDERITA GANGGUAN SARAF, PENDARAHAN OTAK/STROKE

- JIKA SEDANG MENDAPAT PENGOBATAN/PERAWATAN LAINNYA, DIANJURKAN UNTUK BERKONSULTASI DAHULU DENGAN DOKTER/AHLI,.

- SEDANG BERADA ATAU MENGENDARAI KENDARAAN BERMOTOR.

SUMBER :

HTTP://INDOSPIRITUAL.COM/HILANGKAN-STRES-DENGAN-KENDALI-GELOMBANG-OTAK.HTML

HTTP://WWW.PSIKOTRONIKA.COM

SUARAKARYA-ONLINE.COM

KANDA PAT DAN GELOMBANG OTAK

KANDA PAT DAN GELOMBANG OTAK

TEKNIK BERDASARKAN TANTRA INI BANYAK DITERAPKAN DI MASYARAKAT HINDU DHARMA DI JAWA DAN BALI. TANTRA BUKAN UNTUK MEMPEROLEH ILMU-ILMU GAIB, MAGIS, KESAKTIAN-KESAKTIAN DAN LAIN SEBAGINYA. TANTRA UNTUK MEMPEROLEH KETENANGAN, KETENTRAMAN, KEDAMAIAN. UNTUK LEBIH JELASNYA, TANTRA UNTUK MENCAPAI TINGKAT SAMADHI. DI JAWA DIKENAL DENGAN SEDULUR PAPAT PANCER LIMA, DAN DI BALI DISEBUT KANDA PAT.

1. KANDA PAT MERUPAKAN SALAH SATU CARA PERALIHAN MENTAL KUNDALINI YANG DITERAPKAN DI JAWA DAN BALI. KANDA PAT ADALAH EMPAT TEMAN: KANDA = TEMAN, PAT = EMPAT, YAITU KEKUATAN-KEKUATAN HYANG WIDHI YANG SELALU MENYERTAI ROH (ATMAN) MANUSIA SEJAK EMBRIO SAMPAI MENINGGAL DUNIA MENCAPAI NIRWANA. MENURUT KITAB SUCI LONTAR TUTUR PANUS KARMA, NAMA-NAMA KANDA PAT BERUBAH-UBAH MENURUT KEADAAN/ USIA MANUSIA: 1.NAMANYA SELALU BERUBAH SESUAI DENGAN PERTUMBUHAN MANUSIA, KARENA PENGARUH PANCA INDRIA KEPADA ROH/ ATMA JUGA BERUBAH-UBAH. JADI NAMA YANG BERUBAH UNTUK MEMBERI BATASAN PADA MASING-MASING TINGKAT KEKUATAN PENGARUH PANCA INDRIA SEJALAN DENGAN PERTUMBUHAN MANUSIA. PANCA INDRIA DAPAT MENYEBABKAN KETERIKATAN ATMAN OLEH KARENA ITU ATMAN PERLU DILINDUNGI. YANG BISA MEMBANTU MANUSIA MELINDUNGI DIRINYA DARI GODAAN PANCA INDRIA ADALAH KANDAPAT.

2. JIKA JALINAN/ HUBUNGAN MANUSIA DENGAN KANDAPAT TERHAMBAT ATAU BAHKAN TIDAK ADA HUBUNGAN SAMA SEKALI, MAKA PERLINDUNGAN KANDAPAT-PUN BERKURANG ATAU TIDAK ADA. ORANG-ORANG KEBATHINAN BIASANYA MULAI DENGAN MENGUATKAN KANDAPATNYA INI DENGAN CARA SELALU INGAT DAN MEMBAGI SUKA/ DUKA DENGANNYA. JIKA SUDAH DEKAT, KANDAPAT BISA JADI GURU DAN PENUNTUN KARENA PADA HAKEKATNYA KANDAPAT ITU JUGA MANIFESTASI HYANG WIDHI.

KANDAPAT ADALAH MANIFESTASI BRAHMAN (HYANG WIDHI) YANG ESA; JADI IA AKAN SELALU ADA DAN SELALU SAMA PADA PENJELMAAN-PENJELMAAN MANUSIA BERIKUTNYA.

USIA MANUSIA

KANDA 1 KANDA 2 KANDA 3 KANDA 4

KANDAPAT RARE:

EMBRIO, KAREN, BRA ANGDIAN, LEMBANA

KANDUNGAN 20 HARI

ANTA, PRATA, KALA, DENGEN

KANDUNGAN 40 MINGGU

ARI-ARI, LAMAS, GETIH, YEH-NYOM

LAHIR, TALI PUSAR PUTUS

MEKAIR, SALABIR, MOKAIR, SELAIR

KANDAPAT BHUTA: BAYI BISA BERSUARA

ANGGAPATI, PRAJAPATI, BANASPATI, BANASPATIRAJA

KANDAPAT SARI: 14 TAHUN

SIDASAKTI, SIDARASA, MASKUINA, AJIPUTRAPETAK

BERCUCU :

PODGALA, KRODA, SARIYASREN

KANDAPAT ATMA: MENINGGAL DUNIA

SURATMAN, JOGORMANIK, MAHAKALA, DORAKALA

KANDAPAT DEWA: MANUNGGAL (MOKSA)

SIWA, SADASIWA, PARAMASIWA, SUNIASIWA

BAGAN DI ATAS DAPAT JUGA DIBACA TERBALIK DENGAN PENGERTIAN SEBAGAI BERIKUT: HYANG WIDHI MEWUJUDKAN DIRI MENJADI EMPAT MANIFESTASI, KEMUDIAN KEEMPATNYA ITU YAITU:

  • HYANG SIWA SELANJUTNYA MEWUJUDKAN DIRINYA MENJADI ARI-ARI
  • HYANG SADASIWA MEWUJUDKAN DIRI SEBAGAI LAMAS
  • HYANG PARAMASIWA MEWUJUDKAN DIRI MENJADI GETIH, DAN
  • HYANG SUNIASIWA MEWUJUDKAN DIRI MENJADI YEH-NYOM.

BENTUK-BENTUK KANDAPAT YANG DAPAT DILIHAT DAN DIRABA SECARA NYATA ADALAH ARI-ARI, LAMAS, GETIH DAN YEH-NYOM. SETELAH MEREKA DIKUBURKAN (SEGERA SETELAH BAYI LAHIR) MAKA PERUBAHAN SELANJUTNYA ADALAH ABSTRAK (TAK BERWUJUD) NAMUN DAPAT DIRASAKAN OLEH MANUSIA YANG KEKUATAN BATHINNYA TERPELIHARA.

KEEMPAT TEMAN YANG ABSTRAK INI MENYERTAI TERUS SAMPAI MANUSIA MATI DAN ROHNYA MENGHADAP KE HYANG WIDHI. MEREKA JUGA MENJAGA DAN MELINDUNGI ROH, SERTA MENCATAT SEJAUH MANA ATMAN (ROH) TERPENGARUH OLEH INDRIA KEDUNIAWIAN. SEMUA PENGALAMAN HIDUP DI RECORD OLEH SANG SURATMAN YANG DAHULU BERBENTUK ARI-ARI. INILAH CATATAN SUBHA DAN ASUBHA KARMA YANG MENJADI PENILAIAN DAN PERTIMBANGAN KESUCIAN ROH UNTUK MENENTUKAN TERCAPAINYA MOKSA (BERSATUNYA ATMAN-BRAHMAN) ATAUKAH SAMSARA (MENJELMA KEMBALI). KANDAPAT ADA DALAM DIRI/ TUBUH MANUSIA, NAMUN KETIKA TIDUR, KANDAPAT KELUAR DARI TUBUH MASUK KE DUNIA BATIN. MAKA MEREKA PERLU DIBUATKAN TEMPAT SUCI/PELINGGIH BERUPA "PELANGKIRAN" DI KAMAR TIDUR, TEMPAT BERSEMAYAMNYA KANDA PAT KETIKA KITA TIDUR PULAS. DUNIA BATIN DIWUJUDKAN DALAM BENTUK “PELANGKIRAN” ATAU RUANG SUCI.

PELANGKIRAN

PELANGKIRAN BERASAL DARI KATA "LANGKIR" ARTINYA TEMPAT MEMUJA; YANG MALINGGIH DI PELANGKIRAN KAMAR TIDUR ADALAH SANG KANDA PAT YAITU : KEKUATAN IDA SANGHYANG WIDHI WASA YANG SENANTIASA MENYERTAI DIRI KITA SEJAK DI KANDUNGAN SAMPAI MATI BAHKAN SAMPAI ATMAN KITA MENGHADAP SANG PENCIPTA.

MEREKA ADALAH :

1. YEH NYOM YANG MENJADI BHUTA ANGGAPATI BERKEDUDUKAN DI KULIT.

2. DARAH YANG MENJADI BHUTA PRAJAPATI BERKEDUDUKAN DI DARAH.

3. ARI-ARI YANG MENJADI BHUTA BANASPATI BERKEDUDUKAN DI DAGING.

4. LAMAS YANG MENJADI BHUTA BANASPATIRAJA BERKEDUDUKAN DI URAT.

DALAM LONTAR "AJI MAYA SANDHI" DISEBUTKAN KETIKA MANUSIA SEDANG TIDUR MAKA KANDA PAT ITU KELUAR DARI TUBUH MANUSIA DAN BERGENTAYANGAN, ADA YANG DUDUK DI DADA, DI PERUT, DI TANGAN DSB. SEHINGGA MENGGANGGU TIDUR MANUSIA; OLEH KARENA ITU PERLU DIBUATKAN PELANGKIRAN UNTUK STANANYA AGAR MEREKA DAPAT MELAKSANAKAN TUGAS SEBAGAI "PENUNGGU URIP".

JIKA ITU DILAKSANAKAN MAKA MANUSIA AKAN TIDUR DENGAN TENANG DAN NYENYAK KARENA SUDAH ADA YANG MENJAGA DARI SEGALA BENTUK GANGGUAN ROH JAHAT. DI DALAM PELANGKIRAN ITU LETAKKAN TEGTEG DAKSINA SEBAGAI LINGGIH MEREKA BEREMPAT, DAN SETIAP PURNAMA DIPERBAHARUI.

KANDA PAT => GELOMBANG OTAK.

GELOMBANG OTAK ADA EMPAT YAITU : BETA, ALFA, THETA, DAN DELTA ADALAH KOMPONEN PEMBENTUKAN KESADARAN KITA. KEEMPAT GELOMBANG ITU TERPANCAR DALAM SATU JALINAN KOMPOSISI RIMIT YANG MENENTUKAN KONDISI KESADARAN KITA DALAM SUATU SAAT. GELOMBANG OTAK MERUPAKAN TEMAN MANUSIA SEJAK EMBRIO SAMPAI MANUSIA MATI SAMA HALNYA DENGAN KANDAPAT.

OTAK KITA SETIAP SAAT MENGHASILKAN IMPULS-IMPULS LISTRIK. ALIRAN LISTRIK INI, YANG LEBIH DIKENAL SEBAGAI KANDAPAT ATAU GELOMBANG OTAK. IMPULS-IMPULS LISTRIK INI DAPAT DIUKUR DUA CARA YAITU AMPLITUDE DAN FREKUENSI. AMPLITUDO ADALAH BESARNYA DAYA IMPULS LISTRIK YANG DIUKUR DALAM SATUAN MICRO VOLT. FREKUENSI ADALAH KECEPATAN EMISI LISTRIK YANG DIUKUR DALAM CYCLE PER DETIK, ATAU YHERTZ. FREKUENSI INPULS MENENTUKAN JENIS GELOMBANG OTAK YAITU: BETA, ALFA, THETA ATAU DELTA. JENIS ATAU KOMBINASI GELOMBANG OTAK MENENTUKAN KONDISI KESADARAN PADA SUATU SAAT.

POLA GELOMBANG OTAK SETIAP ORANG PUNYA GELOMBANGNYA OTAK YANG UNIK DAN SELALU KONSISTEN. KEUNIKAN ITU TAMPAK PADA KOMPOSISI KE EMPAT JENIS GELOMBANG PADA SAAT TERTENTU. KOMPOSISI TELOMBANG OTAK ITU MENENTUKAN TINGKAT KESADARAN SESEORANG, MISALNYA SAAT MEDITASI KITA DAPAT SECARA SADAR MENGATUR JENIS GELOMBANG OTAK MANA YANG INGIN KITA HASILKAN.

BETA

BETA ADALAH GELOMBANG OTAK YANG FREKUENSINYA PALING TINGGI (BETA RENDAH 12-15 HZ, BETA 16-20 HZ, DAN BETA TINGGI 21-40 HZ) YANG DIHASILKAN DARI PROSES BERPIKIR SECARA SADAR. KITA MENGGUNAKAN BETA UNTUK BERPIKIR, BERINTERAKSI, DAN MENJALANI KEHIDUPAN SEHARI-HARI.

ALFA

ALFA ADALAH JENIS GELOMBANG YANG FREKUENSINYA SEDIKIT LEBIH LAMBAT DIBANDINGKAN BETA, YAITU 8-12 HZ. ALFA BERHUBUNGAN DENGAN KONDISI PIKIRAN YANG RILEKS DAN SANTAI. DALAM KONDISI ALFA, PIKIRAN DAPAT MELIHAT GAMBARAN MENTAL SECARA SANGAT JELAS DAN DAPAT MERASAKAN SENSASI DENGAN LIMA INDRA DAN APA YANG TERJADI ATAU DILIHAT SEMUANYA HANYA DALAM PIKIRAN. ALFA ADALAH PINTU GERBANG BAWAH SADAR.

PADA TAHUN 60-AN DAN 70-AN, ALFA SANGAT POPULAR DAN DIKLAIM SEBAGAI GELOMBANG OTAK PALING PENTING, YANG MERUPAKAN KUNCI UNTUK MENCAPAI KESADARAN YANG LEBIH TINGGI. SEIRING DENGAN PENELITIAN MENGGUNAKAN ALAT LEBIH CANGGIH MICRO TECHNOLOGY MODERN OLEH BANYAK PAKAR TERKEMUKA BAHWA ALFA BUKANLAH GELOMBANG TERPENTING.

MANFAAT ALFA YANG UTAMA ADALAH SEBAGAI JEMBATAN PENGHUBUNG ANTARA PIKIRAN SADAR DENGAN BAWAH SADAR. ALFA MEMUNGKINKAN KITA UNTUK MENYADARI KEBERADAAN MIMPI DAN KEADAAN MEDITASI TERDALAM YANG KITA CAPAI. TANPA ALFA, KITA TIDAK DAPAT MENGINGAT SAAT TERBANGUN DARI MIMPI DAN MEDITASI YANG SANGAT DALAM ATAU SELESAI BERMEDITASI.

THETA

THETA ADALAH GELOMBANG OTAK PADA FREKUENSI 4-8 HZ, YANG DIHASILKAN OLEH PIKIRAN BAWAH SADAR, MUNCUL SAAT KITA BERMIMPI. JADI GELOMBANG INILAH YANG MEMBACA REKAMAN DARI KANDAPAT (ALAM BAWAH SADAR KITA). BAWAH SADAR JUGA MEREKAM MATERI YANG BERASAL DARI KREATIVITAS YANG DITEKAN ATAU TIDAK DIBERI KESEMPATAN UNTUK MUNCUL KE PERMUKAAN DAN MATERI PSIKOLOGIS YANG DITEKAN. MESKI KITA DAPAT MASUK KE THETA DAN MEMBACA REKAMAN BAWAH SADAR, BILA TIDAK DIBANTU OLEH GELOMBANG ALFA DAN BETA, SEMUA DATA TIDAK DAPAT DIKENALI OLEH PIKIRAN SADAR. JADI SEMUA DATA YANG BERHUBUNGAN EMOSI, BAIK ITU EMOSI POSITIF MAUPUN NEGATIVE, TERSIMPAN DALAM PIKIRAN BAWAH SADAR. EMOSI-EMOSI NEGATIVE YANG TIDAK TERATASI DENGAN BAIK, SETELAH MASUK KE PIKIRAN BAWAH SADAR, AKHIRNYA MENJADI BEBAN PSIKOLOGIS YANG MENGHAMBAT KEMAJUAN DIRI SESEORANG. BILA KITA BERHASIL MASUK KE KONDISI THETA, KITA AKAN MENGALAMI KONDISI MEDITATIVE YANG SANGAT DALAM. SEMUA PENGALAMAN MEDITATIVE YANG SELAMA INI DICARI OLEH ORANG YANG MELAKUKAN PRAKTIK MEDITASI, MISALNYA KEHENINGAN, KETENANGAN, KEDALAMAN, DAN PUNCAK KEBAHAGIAAN, DIRASAKAN DI DALAM THETA. THETA ADALAH “PUNCAK” DI DALAM “PENGALAMAN PUNCAK” SERTA MERASAKAN SENSASI “AH-HA”. SAAT KITA INGIN MENGOBATI DAN MENYEMBUHKAN TUBUH ATAU PIKIRAN, KITA HARUS MASUK KE THETA AGAR DAPAT MENCAPAI HASIL MAKSIMAL.

DELTA

DELTA ADALAH GELOMBANG OTAK YANG PALING LAMBAT, PADA KISARAN FREKUENSI 0,1-4 HZ, DAN MERUPAKAN FREKUENSI DAN PIKIRAN NIRSADAR. PADA SAAT KITA TIDUR LELAP, OTAK HANYA MENGHASILKAN GELOMBANG DELTA AGAR KITA DAPAT ISTIRAHAT DAN MEMULIHKAN KONDISI FISIK. PADA ORANG TERTENTU, SAAT DATING KONDISI SADAR, DELTA DAPAT MUNCUL BERSAMAA DENGAN GELOMBANG LAINNYA. DALAM KEADAAN ITU, DELTA BERTINDAK SEBAGAI “RADAR” YANG MENDASARI KERJA INTUISI, EMPATI, DAN TINDAKAN YANG BERSIFAT INSTING. DELTA JUGA MEMBERIKAN KEBIJAKAN-KEBIJAKAN DENGAN LEVEL KESADARAN PSIKIS YANG SANGAT DALAM. GELOMBANG DELTA SERING TAMPAK DALAM DIRI ORANG YANG PROFESINYA BERTUJUAN MENGARAHKAN KITA DALAM HAL WAKTU DAN RUANG. DELTA BERFUNGSI SEBAGAI SYSTEM PERINGATAN DINI UNTUK MERASAKAN ADANYA ANCAMAN ATAU BAHAYA. DELTA MEMUNGKINKAN KITA UNTUK “MELIHAT” INFORMASI YANG TIDAK DAPAT DITANGKAP OLEH PIKIRAN SADAR. DARI SUDUT PANDANG NEGATIVE, DELTA JUGA DAPAT DIGUNAKAN UNTUK KONDISI BERHATI-HATI YANG BERLEBIHAN. SIKAP HATI-HATI YANG BERLEBIHAN, ATAU LEBIH TETAP DISEBUT DENGAN KEPEKAAN, SANGAT BERGUNA “MEMBACA” KONDISI EMOSI LINGKUNGAN SEKITARNYA DAN BERUSAHA MENGENDALIKAN KONDISI INI DEMI KESELAMATAN HIDUPNYA.

GELOMBANG BETA, ALFA, THETA, DAN DELTA ADALAH KOMPONEN PEMBENTUK KESADARAN KITA. KEEMPAT GELOMBANG ITU MENENTUKAN KONDISI KESADARAN KITA DALAM SUATU SAAT.

KANDA PAT / GELOMBANG OTAK INILAH YANG SELALU MENOLONG MANUSIA UNTUK MEMPEROLEH KETENANGAN, KETENTRAMAN, KEDAMAIAN

KAKANG KAWAH ADI ARI-ARI

SEDULUR PAPAT LIMA PANCER

PANCER ITU DIIBARATKAN DIRI SENDIRI, POSISI PANCER BERADA DITENGAH, DIAPIT OLEH DUA SAUDARA TUA (KAKANG MBAREP, KAKANG KAWAH) DAN DUA SAUDARA MUDA (ADI ARI-ARI DAN ADI WURAGIL). NGELMU SEDULUR PAPAT LIMA PANCER LAHIR DARI KONSEP PENYADARAN AKAN AWAL MULA MANUSIA DICIPTAKAN DAN TUJUAN AKHIR HIDUP MANUSIA (SANGKAN PARANING DUMADI). AWAL MULA MANUSIA DICIPTAKAN DI AWALI DARI SAAT-SAAT MENJELANG KELAHIRAN. SEBELUM SANG BAYI (BAYI, DALAM KONTEKS INI ADALAH PANCER) LAHIR DARI RAHIM IBU, YANG MUNCUL PERTAMA KALI ADALAH RASA CEMAS SI IBU. RASA CEMAS ITU DINAMAKAN KAKANG MBAREP. KEMUDIAN PADA SAAT MENJELANG BAYI ITU LAHIR, KELUARLAH CAIRAN BENING ATAU BANYU KAWAH SEBAGAI PELICIN, UNTUK MELINDUNGI SI BAYI, AGAR PROSES KELAHIRAN LANCAR DAN KULIT BAYI YANG LEMBUT TIDAK LECET ATAU TERLUKA. BANYU KAWAH ITU DISEBUT KAKANG KAWAH. SETELAH BAYI LAHIR AKAN DISUSUL DENGAN KELUARNYA ARI-ARI DAN DARAH. ARI-ARI DISEBUT ADI ARI-ARI DAN DARAH DISEBUT ADI WURAGIL. NGELMU SEDULUR PAPAT LIMA PANCER MEMBERI TEKANAN BAHWA, MANUSIA DILAHIRKAN KE DUNIA INI TIDAK SENDIRIAN. ADA EMPAT SAUDARA YANG MENDAMPINGI. PANCER ADALAH SUKSMA SEJATI DAN SEDULUR PAPAT ADALAH RAGA SEJATI. BERSATUNYA SUKSMA SEJATI DAN RAGA SEJATI MELAHIRKAN SEBUAH KEHIDUPAN. HUBUNGAN ANTARA PANCER DAN SEDULUR PAPAT DALAM KEHIDUPAN, DIGAMBARKAN DENGAN SEORANG SAIS MENGENDALIKAN SEBUAH KERETA, DITARIK OLEH EMPAT EKOR KUDA, YANG BERWARNA MERAH, HITAM, KUNING DAN PUTIH. SAIS KERETA MELAMBANGKAN KEBEBASAN UNTUK MEMUTUSKAN DAN BERBUAT SESUATU. KUDA MERAH MELAMBANGKAN ENERGI, SEMANGAT, KUDA HITAM MELAMBANGKAN KEBUTUHAN BIOLOGIS, KUDA KUNING MELAMBANGKAN KEBUTUHAN ROHANI DAN KUDA PUTIH MELAMBANGKAN KEHENINGAN, KESUCIAN. SEBAGAI SAIS, TENTUNYA TIDAK MUDAH MENGENDALIKAN EMPAT KUDA YANG SALING BERBEDA SIFAT DAN KEBUTUHANNYA. JIKA SANG SAIS MAMPU MENGENDALIKAN DAN BEKERJASAMA DENGAN KE EMPAT EKOR KUDANYA DENGAN BAIK DAN SEIMBANG, MAKA KERETA AKAN BERJALAN LANCAR SAMPAI KE TUJUAN AKHIR. SANG SANGKAN PARANING DUMADI. DALAM ADAT DAN AJARAN JAWA DIKENAL ISTILAH 'SEDULUR PAPAT KELIMA PANCER PANCER ADALAH DIRI KITA.SETIAP MANUSIA MEMPUNYAI EMPAT SAUDARA KETIKA MASIH BERUPA JANIN, MERAKA MENJAGA PERTUMBUHAN MANUSIA DIDALAM KANDUNGAN IBU. ANAK PERTAMA YAITU KETUBAN ATAU KAWAH, KETIKA IBU MELAHIRKAN YANG PERTAMA KELUAR ADALAH KETUBAN KARENA ITU DIANGGAP SEBAGAI SAUDARA TUA. SETELAH ITU SAUDARA KANDUNG YANG LEBIH MUDA YAITU ARI-ARI, TEMBUNI ATAU PLASENTA PEMBUNGKUS JANIN DALAM RAHIM. ARI-ARI MEMAYUNGI TINDAKAN SANG JANIN DALAM PERUT IBU YANG MENGANTARKAN SAMPAI KE TUJUAN YAITU IKUT KELUAR BERSAMA SANG BAYI. BERIKUTNYA DARAH INIPUN SAUDARA SANG JANIN, TANPA ADANYA DARAH JANIN BUKAN SAJA TAK BISA TUMBUH TAPI JUGA AKAN MENGALAMI KEGUGURAN. SAUDARA BERIKUTNYA YAITU PUSAR IA SEBAGAI SARANA YANG MENGHANTARKAN ZAT MAKANAN DARI SANG IBU KEPADA JANIN.

UMUMNYA ORANG MENGANGGAP BAHWA KETUBAN, ARI-ARI, DARAH DAN TALI PUSAR ADALAH WAHANA ATAU ALAT YANG DIBUTUHKAN UNTUK PERTUMBUHAN JANIN DALAM PERUT.

BEGITU BAYI DILAHIRKAN SEMUA ITU AKAN DIANGGAP TIDAK BERFUNGSI LAGI DAN TAK ADA SANGKUT PAUTNYA DALAM KEHIDUPAN... DAN YANG DEMIKIAN INI MERUPAKAN PANDANGAN MATERIALISTIK PADAHAL BEGITU BESAR MAKNANYA DAN PENGERTIANNYA BILA DILIHAT DARI SUDUT METAFISIK.

SAUDARA KITA ITULAH YANG MENJAGA KITA DALAM KEHIDUPAN INI YANG KEMBALI KE ANASIR BUMI, AIR , UDARA DAN API HANYALAH KE EMPAT JASADNYA. NAMUN DARI SEGI SPIRITUALNYA MASIH MENYERTAI KEHIDUPAN KITA.

YAH SAMUTPATITAM KRODAM KSAMAYA

IWA NIRASYATI,

YATHORAGASWACAM JIRNAM SA

WAI PURUSA UCYATE

JIKA ADA ORANG YANG DAPAT MENINGGALKAN KEMARAHAN HATINYA BERDASARKAN KESABARAN SEBAGAI HALNYA ULAR YANG MENINGGALKAN KULITNYA, KARENA KESEMUANYA ITU TIDAK AKAN KEMBALI LAGI; ORANG YANG DEMIKIAN HALNYA, IA ADALAH YANG DISEBUT BERBUDI LUHUR YANG PATUT DISEBUT MANUSIA SEJATI

INDOFORUM MAIL SERVICE !!

DAPATKAN EMAIL GRATIS (5 GB++)

NAMA_ANDA@INDOFORUM.MS

PROGRAM ALAM BAWAH SADAR

MENGUBAH NASIB DENGAN PROGRAM ALAM BAWAH SADAR

MAJALAH NIRMALA (OKTOBER 2007)

KETIKA MENGHADAPI KEMELUT KEHIDUPAN, SERING KALI KITA TAK BERDAYA, SEMUA JALAN TERASA BUNTU, DAN AKHIRNYA PUTUS ASA. PADAHAL KITA TIDAK PERLU MENJADI KORBAN. PERCAYA ATAU TIDAK, SEBENARNYA KITA DAPAT MENCIPTAKAN SENDIRI SEMUA YANG KITA INGINKAN. BAGAIMANA CARANYA?

DALAM SETIAP BABAK KEHIDUPAN, MANUSIA SELALU MENGALAMI SATU ATAU LEBIH PERISTIWA YANG DAPAT, MENGGONCANG DAN MENGUBAH KEHIDUPANNYA. KEBUTUHAN HIDUP YANG BEGITU BESAR YANG TAK SEIMBANG DENGAN PENDAPATAN, KEHILANGAN PEKERJAAN, KONFLIK RUMAH TANGGA, PERCERAIAN, KEMATIAN PASANGAN HIDUP ATAU SALAH SATU ANGGOTA KELUARGA YANG DICINTAI, SAKIT PARAH BERKEPANJANGAN, KECELAKAAN YANG MENYEBABKAN CACAT SEUMUR HIDUP, DAN BERBAGAI KRISIS KEHIDUPAN LAINNYA, SEMUA ITU BISA MEMBUAT DEPRESI BAHKAN MENGGUNCANG KEIMANAN KITA.

JELAS KITA TIDAK MERASA BAHAGIA. PADAHAL MENURUT ERBE SENTANU, PENDIRI KATAHATI INSTITUTE, SEBUAH LEMBAGA YANG MENGAJARKAN TEHNIK PEMBERDAYAAN PIKIRAN DAN PERASAAN, BAHAGIA ADALAH FITRAH MANUSIA. JIKA KEMUDIAN MANUSIA MERASA BAHAGIA, ITU KARENA MANUSIA SUDAH KELUAR DARI FITRAHNYA. FITRAH MANUSIA YANG SEMPURNA SERING DIKACAUKAN DENGAN PESAN-PESAN KETIDAKMAMPUAN YANG DATANG DARI LINGKUNGANNYA.

BAHAGIA MENURUTNYA ADALAH MENERIMA APA YANG SUDAH KITA MILIKI. KETIKA KITA MENOLAK YANG TERJADI PADA DIRI KITA, SAAT ITULAH KETIDAKBAHAGIAAN AKAN MUNCUL.

LALU, HARUSKAH KITA PASRAH PADA NASIB KETIKA HIDUP DIRUNDUNG MALANG? JAWABANNYA: TIDAK! SAMBIL MENERIMA YANG SUDAH TERJADI DENGAN IKHLAS, KITA TETAP PERLU IKHTIAR, BERSIKAP REAKTIF, JUGA ANTISIPATIF TERHADAP PERUBAHAN ITU. KITA HARUS MENJADI SUBYEK DARI PERUBAHAN TERSEBUT DAN MEMILIKI KENDALI PENUH ATAS APAPUN YANG TERJADI DALAM KEHIDUPAN KITA.

ERBE SENTANU MENGATAKAN, KITA SEBENARNYA BISA MENDAPATKAN APA YANG KITA INGINKAN. LALU, BAGAIMANA CARANYA?

KITA BISA MENGGABUNGKAN TEHNIK RELAKSASI, VISUALISASI, DAN AFIRMASI DALAM SEBUAH PROSES YANG BERTUJUAN MENANAMKAN SUATU REALITAS YANG KITA INGINKAN KE DALAM PIKIRAN ATAU ALAM BAWAH SADAR. DENGAN KATA LAIN, KITA BISA MEMPENGARUHI ALAM BAWAH SADAR UNTUK MEWUJUDKAN REALITAS BARU YANG KITA INGINKAN TERSEBUT. MISALNYA, KETIKA KITA DITIMPA PENYAKIT BERAT ATAU KEHILANGAN PEKERJAAN, KITA BISA MENANAMKAN HARAPAN BARU SEKALIGUS MEWUJUDKANNYA, BAHWA KITA PASTI SEHAT ATAU KITA PASTI MENDAPATKAN PEKERJAAN BARU YANG LEBIH BAIK. PROSES INILAH YANG DISEBUT DENGAN PEMPROGRAMAN KEMBALI ALAM BAWAH SADAR (SUCONCIOUS REPROGRAMMING ).

MENGAPA MENGGUNAKAN ALAM BAWAH SADAR?

YANG MENJADI PERTANYAAN, MENGAPA MENGUNAKAN ALAM BAWAH SADAR?

ERBE SENTANU MENGATAKAN, ALAM BAWAH SADAR TIDAK PERNAH BISA MEMBEDAKAN ANTARA IMAJINASI DENGAN KENYATAAN. ALAM BAWAH SADAR TIDAK PERNAH MEMILIKI MEKANISME UNTUK MENGETAHUI HAL-HAL YANG NYATA ATAUPUN TIDAK NYATA. KITA BISA MELIHAT CONTOHNYA DALAM KASUS BERIKUT INI.

PADA TAHUN 1962, MAJALAH KEDOKTERAN KYUSHI KELUARAN JEPANG MELAPORKAN BAGAIMANA SYSTEM KEKEBALAN ANAK-ANAK JEPANG BEREAKSI TERHADAP SESUATU YANG MEREKA ANGGAP NYATA. ANAK-ANAK ITU SETELAH DITUTUP MATANYA DI BERITAHU BAHWA TANAMAN YANG TENGAH DIGOSOK-GOSOKAN KE LENGAN MEREKA ADALAH TANAMAN BERACUN, SETELAH ITU, MEREKA MENGELUARKAN REAKSI-REAKSI ALERGI YANG KERAS PADA LENGAN MEREKA, SEPERTI PEMBENGKAKAN, KULIT MENJADI KEMERAH-MERAHAN DAN GATAL-GATAL.

NAMUN KETIKA DI BERITAHU BAHWA YANG DIGOSOKKAN DI TANGAN MEREKA ADALAAH ZAT YANG TIDAK BERBAHAYA, REAKSI-REAKSI TERSEBUT TIDAK MUNCUL.NAH. DISITULAH ALAM BAWAH SADAR BEKERJA. KETIKA ALAM BAWAH SADAR MEREKAM BAHWA TANAMAN ITU BERACUN, MAKA REAKSI YANG DIKELURKAN PUN SEPERTI REAKSI YANG DI KELUARKAN JIKA TANAMAN TERSEBUT BERACUN, MAKA REAKSI YANG DI KELURKAN PUN SEPERTI YANG DI KELUARKAN JIKA TANAMAN TERSEBUT BERACUN, WALAUPUN SEBENARNYA TIDAK DEMIKIAN.

KARENA ITU, KITA BISA MEMANFAATKAN CARA KERJA ALAM BAWAH SADAR UNTUK SESUATU YANG MENGUNTUNGKAN. KITA BISA MENANAMKAN PROGRAM APAPUN KEALAM BAWAH SADAR UNTUK MEWUJUDKAN SEGALA SESUATU YANG KITA INGINKAN.

DALAM BUKUNYA, QUANTUM IKHLAS, MAS NUNU, BEGITU SEBUTAN AKRAB ERBE SENTANU, MENGATAKAN BAHWA PIKIRAN TIDAK HANYA TERKAIT DENGAN PEMBAGIAN OTAK SECARA FUNGSIONAL YANG TERDIRI DARI OTAK KIRI DAN OTAK KANAN, TETAPI JUGA PEMBAGIAN BERDASARKAN ASPEK KESADARANNYA.

UMUMNYA MANUSIA HANYA MEMANFAATKAN PIKIRAN SADARNYA YANG MEMILIKI KEKUATAN HANYA 12% DARI KESELURUHAN KEKUATAN PIKIRANNYA. PIKIRAN SADAR INILAH YANG BIASA KITA MAKSUD KETIKA MENYEBUT SESEORANG SEDANG MENGGUNAKAN ‘ OTAKNYA’. SEDANGKAN YANG 88% LAINNYA MERUPAKAN KEKUATAN BAWAH SADAR YANG SECARA UMUM HANYA MUNCUL DALAM BENTUK “PERASAAN”NYA.

BAYANGKAN, JIKA DENGAN 12 PERSEN DARI KESELURUHAN OTAK MANUSIA SAJA BANYAK YANG BISA DILAKUKAN, BAGAIMANA KALAU KEMAMPUAN OTAK YANG 88% ITU BISA KITA MANFAATKAN? HASILNYA TENTU LUAR BIASA. SEPERTI YANG DI UNGKAPKAN MAS NUNU, KEKUATAN ALAM BAWAH SADAR BEGITU BESAR, DAN DAPAT DIMANFAATKAN UNTUK MENCAPAI TUJUAN TIGA SAMPAI TUJUH KALI LEBIH CEPAT.

KONDISI ALPHA=GERBANG MENUJU ALAM BAWAH SADAR

LALU, BAGAIMANA CARANYA MENGEKSPLORASI KEKUATAN ALAM BAWAH SADAR TERSEBUT?

SEBAGAI LANGKAH AWAL, PERLU DIPAHAMI KONDISI OTAK MANUSIA MENURUT GELOMBANGNYA. ADA EMPAT KATAGORI GELOMBANG OTAK, YAITU BETA, ALPHA, THETA, DAN DELTA.

KONDISI BETA ( 14-100 HZ ) ADALAH KONDISI SAAT KITA SEPENUHNYA SADAR. SAAT INI OTAK DIDOMINASI OLEH LOGIKA. SAAT SESEORANG BERADA DI GELOMBANG INI, OTAK KIRI SEDANG AKTIF BERFIKIR, KONSENTRASI, DAN SEBAGAINYA, SEHINGGA GELOMBANG OTAKNYA MENINGGI.

KONDISI YANG PALING PENTING UNTUK MENEMBUS PIKIRAN BAWAH SADAR ADALAH ALPHA ( 8-13,9 HZ ) DALAM KONDISI ALPHA KITA BISA MEMBUKA PINTU GERBANG MENUJU 88% KEKUATAN ALAM BAWAH SADAR. KONDISI ALPHA ADALAH KONDISI YANG SANGAT RELEKS ATAU SAMA PERSIS DENGAN KITA BERHAYAL DAN MELAMUN.

KONDISI THETA ( 4-7,9 HZ ) ADALAH KONDISI KITA SAAT BERMIMPI. PADA SAAT INI, PIKIRAN PUN MENJADI KREATIF DAN ISPIRATIF. DALAM KEADAAN THETA, PIKIRAN MENJADI SANGAT JERNIH, SANGAT KHUSUK, TERJADI RELAKSASI YANG DALAM, DAN SAAT INI INDRA KEENAM ATAU INTUISI MUNCUL. YANG MEMBEDAKAN KONDISI ALPHA DENGAN THETA ADALAH KESADARAN KITA. PADA KONDISI ALPHA, KITA MASIH MERASAKAN ANGGOTA TUBUH KITA, SEDANGKAN PADA KONDISI THETA SEMUA ITU SUDAH TIDAK TERASA LAGI.

SEDANGKAN KONDISI DELTA ( 0,1-3,9 HZ ) ADALAH KONDISI PADA SAAT MANUSIA SEDANG TERTIDUR PULAS TANPA MIMPI. KONDISI DELTA DI PERLUKAN OLEH TUBUH, KARENA DALAM KONDISI ITU TUBUH AKTIF MENGGANTI SEL-SEL YANG RUSAK DAN MELAKUKAN PEREMAJAAN TERHADAP SEL-SEL TUBUH.

LALU BAGAIMANA CARANYA KITA MASUK KEGELOMBANG ALPHA? CARA YANG MUDAH ADALAH MEMBALIKKAN MATA KITA KE ATAS DAN MEMEJAMKAN MATA, LALU PIKIRANPUN MEMBAWA KITA KE DALAM KONDISI ALPHA, MELARUTKAN KITA DALAM SUASANA YANG NYAMAN DAN PENUH KEDAMAIAN.

KONDISI ALPHA JUGA DAPAT DIBANGUN MELALUI MEDITASI. MEDITASI YANG SEMPURNA ADALAH KEDUA TELAPAK TANGAN DIBUKA, PADA SAAT ITULAH ENERGI ALAM AKAN MENYATU DAN BERPUTAR DALAM KESELURUHAN TUBUH. DI TUNJANG MUSICK INDAH DAN SYAHDU, SUASANA AKAN TERCAPAI.

MAS NUNU MENAWARKAN CARA MUDAH UNTUK MASUK KE KONDISI ALPHA, YAITU DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU YANG DISEBUT TEKNOLOGI DIGITALPLEYER. ALAT INI BERUPA CD BRAINWARE MANAGEMEN (PENGATURAN GELOMBANG OTAK) BERISI SUARA-SUARA ALAM SEPERTI AIR MENGALIR, GELOMBANG SAMUDRA YANG NAIK TURUN, ATAU KICAU BURUNG, SEMUA ITU TELAH DIRACIK MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUDIO YANG KHUSUS DIDESAIN UNTUK MENGHASILKAN KONDISI-KONDISI OTAK DAN KESADARAN TERTENTU. MENDENGARKAN CD INI SECARA TERATUR BISA MELATIH OTAK UNTUK BEKERJA SAMA ANTARA SATU SISI DENGAN SISI LAINNYA, SEHINGGA BISA MEMASUKI KONDISI ALPHA SECARA CEPAT.

MENGGAMBARKAN BAYANGAN MENTAL DENGAN VISUALISASI

DALAM PRAKTIKNYA, VISUALISASI SEBENARNYA ADALAH PROSES MENCIPTAKAN IDE, BAYANGAN MENTAL, ATAU GAMBARAN DI LUBUK HATI KITA YANG PALING DALAM. INI MERUPAKAN CARA UNTUK BERGERAK MEMASUKI TINGKAT KESADARAN YANG LAIN DAN MENANAMKAN GAMBARAN YANG KITA INGINKAN. MISALNYA, KETIKA KITA SAKIT, KITA MEMBAYANGKAN DIRI KITA YANG SEHAT DAN BISA MELAKUKAN BANYAK AKTIFITAS.

PADA PELAKSANAANNYA, VISUALISASI HARUS DIDAHULUI DENGAN RELAKSASI, KARENA HANYA DENGAN CARA INILAH KITA DAPAT MENYENTUH ENERGI BAWAH SADAR DENGAN KUAT. KETIKA KITA BERADA DALAM KONDISI YANG RELAKS DAN HENING SECARA MENTAL, ITULAH SAATNYA KITA MENGGUNAKAN IMAJINASI UNTUK MEMVISUALISASIKAN SESUATU YANG KITA INGINKAN. SEMAKIN KUAT KEINGINAN KITA, SEMAKIN FOCUS ENERGI YANG KITA ARAHKAN KE BAYANGAN MENTAL, SEHINGGA POTENSI UNTUK MEWUJUDKAN BAYANGAN KE DALAM REALITAS FISIK AKAN LEBIH KUAT.

AFIRMASI ATAU SELF TALK

AFIRMASI DI LAKUKAN DENGAN MENGUCAPKAN SUATU HAL DENGAN PENUH KEYAKINAN TERHADAP DIRI SENDIRI (SELF TALK ) UNTUK MENCAPAI TUJUAN TERTENTU, KEMUDIAN MERASAKAN DAN MEWUJUDKANNYA.

DALAM PEMPROGRAMAN ALAM BAWAH SADAR, ADA BEBERAPA KAIDAH YANG MESTI DIPATUHI DALAM MELAKUKAN AFIRMASI, YAITU MENGGUNAKAN KALIMAT YANG PENDEK DAN JELAS MAKSUDNYA.KEMUDIAN DIUCAPKAN DENGAN BAHASA YANG POSITIF, MISALNYA, ”SAYA BERANI, ”SELANJUTNYA, DIRUMUSKAN DALAM MASA SEKARANG DAN MEYAKINI BAHWA APA YANG ANDA KEHENDAKI ITU PASTI TERLAKSANA. DAN YANG TERPENTING, KALIMAT ANDA ITU DI ULANG-ULANG, UNTUK MEMBER WAKTU AGAR PERNYATAAN ANDA TERSEBUT MERESAP DAN TEREKAM KEALAM BAWAH SADAR KITA.

TAMBAHKAN EMOSI ATAU PERASAAN YANG MENYENANGKAN

SELAIN RELAKSASI, VISUALISASI, DAN AFIRMASI, HAL YANG TAK KALAH PENTING DALAM MELAKUKAN PEMPROGRAMAN KEMBALI BAWAH SADAR ADALAH KEYAKINAN.

AGAR PROSES PEMPROGRAMAN BAWAH SADAR DAPAT LEBIH EFEKTIF, DIPERLUKAN EMOSI ATAU PERASAAN YANG POSITIF ATAU PERASAAN YANG MENYENANGKAN. KETIKA KITA INGINKAN, CIPTAKAN SEBUAH RASA BAHAGIA SEOLAH-OLAH APA YANG KITA INGINKAN SUDAH TERCAPAI.

MELAKUKAN PROGRAM ALAM BAWAH SADAR INI DILAKUKAN TERUS MENERUS, SEDIKITNYA TIGA KALI SEHARI, MASING-MASING SELAMA 20 MENIT SAMPAI REALITAS YANG KITA HARAPKAN TERSEBUT TERWUJUD MENJADI KENYATAAN.

SEBELUM KITA MENGAWALI TAHAPAN PROGRAM ULANG (REPROGRAMMING) ALAM BAWAH SADAR, KITA PERLU MENENTUKAN TERLEBIH DULU REALITAS/ TARGET YANG KITA HARAPKAN SECARA JELAS. SELANJUTNYA, CARI TEMPAT NYAMAN UNTUK MELAKUKAN PROSES INI. PILIH TEMPAT YANG SUNYI YANG TIDAK BANYAK GANGUAN. KITA HARUS BERADA DALAM KEADAAN YANG SANGAT RELEKS. JIKA PERLU, LAKUKAN DULU LATIHAN RINGAN UNTUK MELEPASKAN ATAU MERENGGANGKAN OTOT-OTOT KITA. SETELAH ITU LAKUKAN VISUALISASI DAN AFIRMASI.

LANGKAH-LANGKAH SUBCONSCIOUS REPROGRAMMING

1. DUDUK ATAU BERBARING DENGAN NYAMAN DAN RELAKS. PEJAMKAN MATA, KALAU PERLU DIIRINGIN MUSIC YANG LEMBUT YANG MEMBUAT ANDA SANGAT RELAKS DAN SEMUA BEBAN ANDA TERLEPAS. ATAU GUNAKAN CD ALA MAS NUNU. TARIK NAPAS PANJANG DAN DALAM. RASAKAN UDARA DINGIN MEMASUKI YANG SELURUH TUBUH DENGAN LOBANG HIDUNG. SECARA PERLAHAN ANDA MEMASUKI KONDISI GELOMBANG OTAK ALPHA. NIKMATI KEADAAN INI BEBERAPA SAAT.

2. KEMUDIAN UCAPKAN DALAM HATI AFIRMASI YANG SUDAH ANDA BUAT, MISALNYA, ”SAYA SEMBUH TOTAL DAN SAYA BISA BERAKTIFITAS DENGAN BEBAS.”

3. KEMUDIAN VISUALISASIKAN KEADAAN ATAU TUJUAN YANG ANDA HARAPKAN TERSEBUT KEDALAM LAYAR MENTAL ANDA. BAYANGKAN ANDA SUDAH SEHAT DAN MELAKUKAN BERBAGAI AKTIFITAS.GAMBARKAN DENGAN JELAS SEHINGGA ANDA BENAR-BENAR DAPAT MELIHAT DIRI ANDA SENDIRI DALAM PIKIRAN ANDA.

4. SAMBIL MEMBAYANGKANNYA, TAMBAHKAN SUASANA HATI ATAU PERASAAN POSITIF YANG ANDA MILIKI KETIKA TUJUAN ITU TERCAPAI. HATI ANDA DI PENUHI RASA SENANG, BAHAGIA, DAN SYUKUR. AMBIL NAPAS PANJANG DAN DALAM, NIKMATI PERASAAN ITU. NIKMATI GAMBARAN VISUAL DAN PERASAAN HATI YANG MENYERTAI SUASANA TERSEBUT.

5. SETELAH ITU HITUNGLAH SECARA PERLAHAN DARI 5,4,3,2,1 SAMBIL MENARIK NAPAS YANG PANJANG DAN DALAM PADA SAAT HITUNGAN. SETELAH ITU, BUKALAH MATA ANDA.

JIKA PROSES ITU TERJADI KURANG DARI 20 MENIT. ULANGI BEBERAPA KALI LAGI SAMPAI MENCAPAI SEKITAR 20 MENIT. LAKUKAN TERUS SECARA TEKUN. PERLU DIINGAT, SEMUANYA MEMERLUKAN PROSES DAN WAKTU YANG CUKUP UNTUK TUMBUH DAN TERWUJUD MENJADI REALITAS BARU YANG KITA HARAPKAN. SELAMAT MENCOBA.